Follow our news chanel

Previous
Next

Inspektorat Biak tindaklanjuti temuan BPK

Ilustrasi korupsi – Jubi/wartaviral.com
Inspektorat Biak tindaklanjuti temuan BPK 1 i Papua
Ilustrasi korupsi – Jubi/wartaviral.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Biak, Jubi – Lembaga Inspektorat Kabupaten Biak Numfor Papua telah sebagian menindaklanjuti hasil temuan audit pengelolaan laporan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) tahun anggaran 2017/20218.

“Inspektorat sebagai satuan pengawas internal Pemkab Biak Numfor sudah melakukan sidang majelis pertimbangan tuntutan perbendaharaan ganti rugi (MP-TPGR) untuk delapan OPD,” ungkap Kepala Inspektorat Kabupaten Biak Numfor, Mahasunu, saat dihubungi di Biak, Minggu (22/12/2019).

Mahasunu mengakui penyelesaian tuntutan ganti kerugian daerah terhadap pegawai negeri bukan bendahara atau pejabat lain sesuai dengan Peraturan Mendagri Nomor 133 tahun 2018.

Inspektorat Biak, menurut Mahasunu, telah mengeluarkan surat teguran kepada sejumlah pimpinan OPD yang disebut dalam hasil temuan audit BPK melalui penerbitan surat keterangan tanggung jawab mutlak (SKTJM) dengan batas waktu pengembalian secara tunai atau angsuran.

“Inspektorat Biak masih menunggu batas waktu pengembalian kerugian daerah dari kepala OPD yang melanggar hukum maupun temuan audit BPK karena dinyatakan lalai,” katanya.

Ia berharap pimpinan OPD yang ditemukan bermasalah dengan laporan pengelolaan keuangan pada dinas atau badan sesuai dengan audit BPK dapat menyelesaikan tepat waktu secara admnistrasi.

Loading...
;

Sebelumnya, Bupati Biak Herry Ario Naap memerintahkan kepala Inspektorat Kabupaten Biak Numfor segera memproses hasil temuan audit BPK terhadap pengelolaan keuangan daerah di berbagai organisasi perangkat daerah.

“Saya harapkan Inspektorat sebagai aparat pengawas internal pemkab Biak Numfor harus tegas dan berani melakukan penindakan terhadap pimpinan OPD yang telah disebut dalam laporan audit BPK,” tegas Bupati Herry Ario Naap.

Berdasarkan informasi hasil audit BPK terhadap pengelolaan keuangan daerah tahun 2017/2018 di berbagai OPD Pemkab Biak Numfor adanya terdapat temuan puluhan miliaran rupiah anggaran daerah yang tidak dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top