HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Inspektorat menduga ada pelanggaran anggaran di Biro Umum Papua Barat

Kantor Gubernur Papua Barat - Jubi/ Hans Kapisa.
Inspektorat menduga ada pelanggaran anggaran di Biro Umum Papua Barat 1 i Papua
Kantor Gubernur Papua Barat – Jubi/ Hans Kapisa.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Tim pemeriksa bentukan Inspektorat Papua Barat melaporkan kondisi kerusakan tiga rumah jabatan pimpinan Provinsi setelah dilakukan peninjauan lapangan.

Hasilnya, sejumlah komponen bangunan di rumah jabatan Gubernur dan Wakilnya serta Sekda Papua Barat dalam kondisi rusak berat karena tak pernah dirawat sejak ditinggalkan pejabat lama, di akhir tahun 2017.

Inspektorat menduga ada pelanggaran anggaran di Biro Umum Papua Barat 2 i Papua

Kepala Inspektorat Papua Barat, Sugiyono mengatakan, sejak diperintahkan Gubernur untuk dilakukan inspeksi dan  pemeriksaan terhadap perawatan bangunan dan anggaran perawatan rumah jabatan Gubernur, Wakil Gubernur, dan Sekretaris daerah, inspektorat telah melakukan pemeriksaan. Dan terbukti, kondisi fisik bangunan saat ini memang sudah tidak layak.

“Pokoknya sangat memprihatinkan, sepertinya perbaikan rumah harus segera, karena ada ruangan yang kurang perawatan. Tapi secara umum semua ada kerusakan, sudah waktunya direnovasi secara menyeluruh,” ujar Sugiyono kepada wartawan, Jumat (11/10/2019).

Sugiyono menegaskan, alasan yang sebelumnya dikemukakan oleh biro umum tidak terbukti, dimana sebelumnya dikatakan biro umum belum mendapat gambar (denah) tiga rumah jabatan dari Dinas PU sebagai petunjuk perawatan.

“Katanya mau masuk dan memeriksa tidak bisa, buktinya inspektorat bisa masuk ke rumah Gubernur bahkan ke setiap ruangan bisa dilakukan tanpa harus pakai denah seperti yang disebut kepala Biro Umum,” ujarnya.

Loading...
;

Disentil soal anggaran perawatan, Sugiyono mengakui, jika Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) khusus anggaran pemeliharaan rumah jabatan sedang diproses oleh timnya.

“Tim kami masih memproses sesuai bukti-bukti lapangan, disesuaikan dengan pos anggaran pemeliharaan 2018 dan 2019. Jika ada indikasi kerugian negara, maka sesuai prosedur internal anggaran itu harus dikembalikan dalam jangka waktu tertentu,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Biro Umum Urusan Rumah Tangga Pemprov Papua Barat, Orgenen Idjie mengatakan, anggaran tahun 2019 untuk pemeliharaan tiga rumah jabatan pimpinan masih ada.

“Untuk rumah jabatan Gubernur Rp600 juta, rumah jabatan wakil gubernur Rp300 juta dan rumah jabatan sekda Rp300 juta,” ujar Idjie. (*)

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa