Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Instalasi air bersih RSUD Jayapura akan dirombak total

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Pelaksana Tugas (Plt) Direktir Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) Jayapura, Anggiat Situmorang mengatakan dalam waktu dekat pihak Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) Jayapura akan melakukan instalasi ulang pipa yang berada di rumah sakit (RS) tersebut.

“Saya sudah berkomunikasi dengan kepala PDAM Jayapura dan dalam waktu dekat akan dilakukan instalasi ulang pipa PDAM di RS ini. Karena selama ini air yang mengalir ke RS banyak yang hilang entah kemana,” katanya dalam tatap muka dengan pihak Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Papua beberapa hari lalu.

Anggiat mengatakan, pipa-pipa yang akan dipasang di lingkup RS masih dalam perjalanan dari Surabaya menuju Jayapura.

“Kami berharap sebelum pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih, proses instalasi sudah dilakukan,” ujarnya.

Dikatakan, persoalan air memang sangat fatal apabila tidak ada sama sekali di RS yang kini dipimpinnya. Apalagi keluahan masyarakat soal air bersih di RS ini sudah berlangsung lama dan sepertinya tidak ada solusi dari pihak manajemen untuk menyelesaikannya.

“Kami akui bahwa masih ada utang di pihak PDAM Jayapura, namun kami akan berupaya melunasinya. Selain utang air, kami juga sudah berpikir untuk membayar utang-utang kami lainnya soal obat dan alkes dibeberapa pihak,” tegasnya.

Loading...
;

Komisi V DPRP, Yan Mandenas kepada Jubi belum lama ini mengatakan pihaknya setiap bulan akan melakukan sidak ke RSUD Jayapura, hal ini dilakukan untuk mengubah wajah RS tersebut.

“Pembenahan tersebut termasuk dengan melakukan instalasi ulang pipa-pipa PDAM yang selama ini masih menggunakan instalasi lama peninggalan Belanda. Harus dirombak total, sehingga pasokan air yang selama ini tersendat karena dicuri oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab bisa diputuskan," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Papua, Aloysius Giyai mengatakan, instalasi pipa di RSUD Jayapura akan menghabiskan anggaran kurang lebih Rp9,7 miliar.

“Besaran anggaran itu permintaan dari konsultan," kata Giyai kepada Jubi belum lama ini.

Kata Giyai, besaran dana tersebut sudah termasuk instalasi mulai dari pipa induk hingga masuk ke bak penampung, dan dari bak penampung masuk ke setiap ruangan yang ada di dalam RS.

“Kami sudah melakukan pertemuan dengan pihak konsultan dan master plan-nya sudah ada dan kini telah masuk dalam tingkat pelaksanaan yang dilakukan oleh pihak PDAM Jayapura,” ujarnya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top