Follow our news chanel

Intelektual Marind: Bupati, wajib hukumnya orang Papua, wakilnya bisa non Papua

Intelektual Marind, Harry Ndiken – Jubi/Frans L Kobun
Intelektual Marind: Bupati, wajib hukumnya orang Papua, wakilnya bisa non Papua 1 i Papua
Intelektual Marind, Harry Ndiken – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Seorang intelektual Marind, Harry Ndiken, mengingatkan kepada orang non Papua agar tahu diri dengan tidak mencalonkan diri menjadi Bupati Merauke dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun depan.

“Sesuai regulasi, memang belum ada aturan mengamanatkan melarang orang non Papua ikut bertarung dalam pilkada di sini. Namun ketika bicara otonomi khusus, mestinya hak kesulungan harus dihormati,” ungkap Harry, yang dihubungi melalui telpon selulernya, Minggu (28/7/2019).

Dikatakan, sebagai anak negeri, ia harus bicara supaya semua orang bisa tahu dan memahami diri dari sekarang. Karena belakangan santer beberapa nama orang non Papua ‘bernafsu’ ikut bertarung dalam pilkada tahun depan.

“Sekali lagi saya ingatkan bahwa hak politik bagi negeri ini harus dihormati. Saya mencontohkan saja, ketika saya mencalonkan diri di Jawa atau daerah lain, apakah orang menerima? Tentunya tidak kan,” katanya.

Dikatakan, sekalipun orang non Papua lahir dan besar di daerah ini, namun harus tahu diri. Jangan sampai tak tahu diri dan tak tahu malu. Apalagi sampai menggunakan marga mencalonkan diri. Itu menunjukkan kerakusan untuk suatu kekuasaan.

Ditanya apakah baik calon bupati maupun wakilnya adalah orang Papua, Harry mengatakan kalau untuk bupati, wajib hukumnya orang Papua. Sedangkan wakilnya bisa saja non Papua.

Loading...
;

Ketua Bidang Hak Ulayat Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Merauke, Timoteus Kedi, juga minta  semua orang menghargai tikar adat yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Di mana, calon bupati dan calon wakil bupati adalah harus orang Papua.

“Kami tak menginginkan orang non Papua mencalonkan diri dalam Pilkada Merauke tahun depan. Berikan kesempatan kepada orang asli berkompetisi memperebutkan suara rakyat,” pintanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top