Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

IOC berkomitmen tetap langsungkan Olimpiade Tokyo sesuai jadwal

Olimpiade 2020 Tokyo – Jubi/fin.co.id
IOC berkomitmen tetap langsungkan Olimpiade Tokyo sesuai jadwal 1 i Papua
Olimpiade 2020 Tokyo – Jubi/fin.co.id

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyatakan komitmen mereka untuk tetap melangsungkan Olimpiade Tokyo 2020 sesuai jadwal empat bulan dari sekarang, ketika dunia saat ini tengah terinfeksi pandemi global COVID-19.

Pernyataan itu dikeluarkan IOC setelah pembicaraan dengan berbagai federasi olahraga dunia serta komite Olimpiade negara anggota pada Selasa (17/3/2020).

IOC berkomitmen tetap langsungkan Olimpiade Tokyo sesuai jadwal 2 i Papua

Kendati menegaskan tidak perlu ada langkah perubahan drastis terkait jadwal Olimpiade Tokyo, IOC secara bersamaan menyebut akan ada penyesuaian jadwal fase kualifikasi yang sebagian besar terhenti karena terdampak COVID-19.

“IOC tetap berkomitmen penuh terhadap Olimpiade Tokyo 2020 dan dengan empat bulan waktu tersisa sebelum digelar tidak perlu ada keputusan perubahan drastis, lagipula spekulasi apapun saat ini akan cenderung kontra-produktif,” tulis pernyataan di laman resmi IOC.

“IOC mendorong para atlet untuk terus mempersiapkan diri sebaik mungkin menuju Olimpiade Tokyo 2020,” tulis pernyataan yang sama.

Pernyataan itu memperlihatkan IOC menempuh jalur berlawanan dibandingkan badan sepak bola Eropa, UEFA, maupun konfederasi sepak bola Amerika Selatan, CONMEBOL, yang masing-masing memutuskan menunda Euro dan Copa America ke tahun depan.

Loading...
;

Sementara Euro dan Copa America yang sedianya digelar Juni-Juli tahun ini ditunda ke tahun depan, IOC bersikeras Olimpiade Tokyo tetap dilangsungkan sesuai jadwal pada 24 Juli hingga 9 Agustus nanti.

Sebelumnya, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengklaim para pemimpin negara-negara G7 setuju Olimpiade Tokyo tetap digelar sesuai jadwal.

Spanyol ingin Olimpiade Tokyo ditunda

Sementara itu, Presiden Komite Olimpiade Spanyol (COE), Alejandro Blanco, mengaku cenderung ingin agar Olimpiade Tokyo 2020 ditunda demi menjaga kualitas kompetisi yang mungkin terganggu di tengah pandemi COVID-19 yang sedang melanda dunia.

Pandemi tersebut, kata Blanco, cukup menghambat atlet Spanyol melakoni sesi latihan secara normal, mengingat negara itu saat ini juga tengah melakukan penguncian menyeluruh atau lockdown untuk mencegah memburuknya persebaran COVID-19.

Blanco melontarkan komentar yang bertolak belakang dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang menyatakan berkomitmen penuh agar Olimpiade Tokyo tetap digelar 24 Juli hingga 9 Agustus nanti dan sebaiknya tidak ada keputusan drastis terkait pesta olahraga tersebut.

“Seharusnya keputusan dibuat setelah IOC mendapat laporan penuh dari WHO dan panitia penyelenggara setempat,” kata Blanco dalam pernyataan resmi COE yang dikutip dari Reuters, Rabu (18/3/2020) WIB.

“Berita yang bermunculan setiap hari kian membuat tidak nyaman seluruh negara di dunia, tetapi dalam kapasitas kami yang nyata adalah para atlet tidak bisa berlatih secara normal dan dampaknya nanti Olimpiade digelar dalam kondisi tak kompetitif.”

“Kami tentu ingin Olimpiade tetap berlangsung, tetapi harus ada jaminan keamanan. Kami salah satu negara penting di dunia dan empat bulan sebelum kompetisi, atlet kami tidak bisa menemukan kebugaran bertanding mumpuni,” pungkas Blanco.

Ajang olahraga di seluruh penjuru dunia satu per satu ditangguhkan terinfeksi ancaman sebaran COVID-19, demikian juga fase kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 di 33 cabang olahraga yang turut ditunda. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top