Follow our news chanel

Previous
Next

Ipmapapara Malang gelar diskusi buku Jejak Darah

Foto ilustrasi - pixabay.com
Ipmapapara Malang gelar diskusi buku Jejak Darah 1 i Papua
Foto ilustrasi – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Biro Pendidikan Ikatan Pelajar Mahasiswa Papua Paniai atau Ipmapapara Raya Kota Malang menggelar diskusi buku kumpulan cerita pendek “Jejak Darah” karya Sesilius Kegou di Malang, Jawa Timur, Selasa (12/5/2020). Diskusi buku itu menghadirkan Jekson Ukago selaku pengulas kumpulan cerpen itu.

Hal itu disampaikan Ameliana Iyai selaku pengurus Biro Pendidikan Ipmapapara Malang. Menurut mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Brawijaya itu, para anggota Ipmapapara di Malang antusias mengikuti diskusi buku “Jejak Darah” itu.

Cerita pendek pertama buku itu, berjudul “Papua Duka Penghabisan” menjadi bahan utama dalam diskusi buku “Jejak Darah”. “Review buku berjalan baik. Seluruh mahasiswa hadir dan menyaksikan. Kami menggali cerpen pertama dalam buku ‘Jejak Darah’,” kata Iyai saat dihubungi Jubi pada Kamis (14/5/2020).

Iyai berharap diskusi buku itu akan merangsang para pelajar dan mahasiswa Papua di Malang untuk menulis karya sastra mereka. “Anak muda Papua harus hiaskan jati diri melalui menulis. Banyak persoalan [yang] mesti digali, [mari] kita sama-sama menulis,” ujar Iyai.

Pemateri dalam diskusi buku itu, Jekson Ukago berharap Ipmapapara Malang terus mengadakan diskusi buku. “Kegiatan pendidikan semacam itu sudah lama [tidak] diadakan, [sehingga] pengurus Ipmapapara sangat mengapresiasi. Penulis ‘Jejak Darah’ juga [menuliskan] cerita realitas Papua, benar-benar cerita realitas Papua,” kata Ukago.

Secara terpisah, Sesilius Kegou selaku penulis “Jejak Darah” mengapresiasi para pembacanya. Menurutnya, menulis membutuhkan konsentrasi dan kesabaran.

Loading...
;

“Terimakasih kepada para pembaca, siapa saja bisa mengenal kiasan sastra dari buku saya. Semoga isi buku itu bisa berdampak, [agar pembaca] gali dan kenali realita Papua. Saya harap anak muda Papua bisa menulis, kita sama-sama lahirkan karya-karya baru kita,” kata Kegou.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top