Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Iran eksekusi mati penjual informasi ke CIA

Ilustrasi hukuman mati - IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Teheran, Jubi – Iran mengeksekusi mati seorang pria yang dituding menjual rahasia militer negara ke CIA.  Juru bicara pengadilan Iran mengatakan, tervonis bernama Reza Asgari dieksekusi gantung pekan lalu karena menjual informasi mengenai program misil Iran kepada CIA. Pria tersbut dituding menerima imbalan uang atas aksi spionasenya itu.

Iran menyatakan Asgari menjual informasi itu dalam tahun-tahun terakhirnya bekerja di kementerian pertahanan dan pensiun pada 2016. Setelah pensiun dari Departemen Kedirgantaraan Kementerian Pertahanan, Asgari menjalin hubungan dengan CIA dan menjual informasi tentang produksi rudal Iran dengan imbalan uang.

Tercatat Iran juga mengeksekusi satu orang tertuduh mata-mata lain bernama Jalal Hajizavar pada Juni. Menurut para pejabat, Hajizavar mengaku di pengadilan bahwa CIA membayarnya untuk menjadi mata-mata.

Baca juga : India eksekusi mati empat pria pemerkosa

Mesir keluar dari koalisi keamanan anti-Iran

Aktivis warga AS meninggal di penjara Mesir

Loading...
;

Pengadilan menyatakan perangkat spionase disita dari rumah Hajizavar, yang juga bekerja di kementerian pertahanan. Menurut pengadilan, istri Hajizavar dijatuhi hukuman 15 tahun penjara karena turut serta dalam kegiatan spionase itu.

Pengadilan juga menyatakan Mahmoud Mousavi-Majd, yang dituduh menjadi mata-mata untuk AS dan Israel, termasuk di antara mereka yang akan dihukum mati.  Menyatakan pada 2019 telah menangkap 17 mata-mata yang dituduhnya bekerja untuk CIA. (*)

Liiputan6.com

Editor : Edi Faisol

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top