Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

IRJ Rumah Sakit Jayapura akan beralih fungsi jadi IGD

RSUD Jayapura Papua
Gedung Instalasi Rawat Jalan RSUD Jayapura. - Dok/Jubi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua akan mengalihfungsikan gedung Intalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah atau IRJ RSUD Jayapura akan dialihfungsikan menjadi Instalasi Gawat Darurat atau IGD bagi pasien non Covid-19. Hal itu akan dilakukan guna menyeimbangkan pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19 dan pasien non Covid-19.

Rencana itu disampaikan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal seusai rapat koordinasi membahas kinerja pelayanan kesehatan saat pandemi Covid-19 di Jayapura, Senin (29/6/2020) malam.  “Kami akan pakai gedung baru IRJ RSUD Jayapura untuk mengangani pasien non-Covid-19,” kata Tinal.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Papua perlu menyeimbangkan pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19 maupun pasien non Covid-19. Tinal menyatakan gedung IGD akan tetap ada, namun dikhususkan untuk mengangani pasien Covid-19. “Jadi nanti pasien yang dirawat di IGD itu hanya pasien dengan status positif Covid-19 dan membutuhkan perawatan intens,” ujarnya.

IRJ Rumah Sakit Jayapura akan beralih fungsi jadi IGD 1 i Papua

Baca juga: Update 28 Juni: Lagi, 4 kasus baru, kasus korona di Papua jadi 1.686 kasus

TInal juga menyebut pasien dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) serta Pasien dalam Pengawasan (PDP) akan ditempatkan di Hotel Sahid Jayapura. Jika tidak, OTG dan PDP akan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Ia menambahkan, untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura tetap dipergunakan khusus melayani pasien Covid-19. “Yang lain silahkan tetap tangani pasien Covid-19 dan non-Covid-19. Tapi kita juga harus ingat juga di Kota Jayapura ini ada rumah sakit swasta yang ada prosedur operasional dari manajemen dalam menangani pasien. Untuk itu, pemerintah provinsi akan bangun komunikasi agar pelayanan kesehatan tetap berjalan dengan baik,” kata Tinal.

Tinal meminta rumah sakit lain di Papua segera berbenah dan menyiapkan pelayanan bagi pasien non Covid-19. “Soal kekurangan yang dihadapi, pemerintah provinsi Papua siap memberi dukungan. Kalau ada rumah sakit yang kurang pasokan air, kami akan menyurat ke PDAM supaya bisa menangani masalah itu. Kalaupun ada rumah sakit yang kekurangan akomodasi [atau] ruangan, kami juga akan coba back-up,” sambungnya.(*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top