Follow our news chanel

Previous
Next

ISBI Tanah Papua kukuhkan 19 sarjana pertamanya

ISBI Tanah Papua
Institut Seni dan Budaya Indonesia atau ISBI Tanah Papua mengukuhkan 19 sarjana program seni di Kota Jayapura, Papua, Selasa (6/10/2020). - IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Institut Seni dan Budaya Indonesia atau ISBI Tanah Papua mengukuhkan 19 sarjana program seni di Kota Jayapura, Papua, Selasa (6/10/2020). Dengan wisuda perdana itu, ISBI Tanah berharap semua pihak aktif membantu perkembangan dan keberlanjutan pendidikan seni di Tanah Papua.

Sejumlah 19 sarjana yang dikukuhkan Rektor ISBI Tanah Papua, Prof Dr I Wayan Rai S MA itu lulusan dari program studi Seni Tari (3 orang), Seni Rupa Murni (4 orang), Seni Musik (4 orang), Kriya Seni (5 orang), dan Desain Komunikasi Visual (3 orang). Rektor menyatakan pengukuhan 19 sarjana pertama ISBI Tanah Papua itu buah dari kerja keras dan perjungan para perintis pendidikan seni di Tanah Papua.

Rektor berharap para lulusan pertama itu bisa mengamalkan ilmu yang telah dipelajarinya. “Saya bersyukur sekali dan berterima kasih kepada mahasiswa bisa melakukan wisuda dengan akreditasi nilai baik atau predikat baik. Saya harap mereka bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara terutama untuk tanah Papua,” ujarnya.

Baca juga: Problematika belajar daring di Nabire

Wakil Rektor I ISBI Tanah Papua, Drs Paulus GD Lasmono MT juga menyampaikan harapan yang sama. “Wisuda pertama ini semacam kerinduan yang telah ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa. Semoga mereka dapat berkontribusi bagi masyarakat luas,” kata

Paulus berharap ISBI terus didukung semua pemangku kepentingan yang membantu perkembangan dan keberlanjutan seni, karena pemerintah telah memfasilitasi kehadiran ISBI sebagai perguruan tinggi negeri di Papua. “Kami berharap perkembangan seni dan budaya di Papua, ada pelestarian, dan mudah-mudahan ISBI menjadi kebanggan dari masyarakat Papua, katanya.

Salah satu sarjana jurusan seni kriya, Joni Silas Wona SSn mengungkapkan kebahagian bisa diwisuda bersama 18 temannya. “Perasaan saya bercampur aduk, ada rasa gembira, ada rasa senang. Air mata yang mengalir ini adalah air mata kebahagian, ujarnya.

Loading...
;

Baca juga: 154 lulusan SMK lulus seleksi administrasi beasiswa Otsus Papua

Sarjana jurusan seni musik, Melfritin Waimbo menuturkan melalui belajar seni ia dapat menemukan jati dirinya sebagai anak asli Papua. Waimbo berharap ISBI Tanah Papua terus membina, mengasuh setiap mahasiswa agar bisa mengangkat kembali tradisi orang asli Papua.

“Ke depan saya akan berkarya, menulis tentang nyanyian-nyanyian di suku saya, yakni Ambai di Serui. Saya akan mengangkat tradisi [lisan] yang sudah tenggelam ke dalam tulisan,” katanya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan, Elsye P Rumbekwan mengatakan Pemerintah Provinsi Papua menyambut baik kehadiran ISBI di Tanah Papua. Rumbekwan berharap ISBI mendidik anak Papua untuk mengenal budaya dan ciri khas orang Papua.

“Papua itu bukan dikenal dari rambut keritingnya, tapi dari seni. Seni itu menunjukan martabat dan harga diri suatu suku bangsa,” ujarnya. (CR7)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top