Follow our news chanel

Previous
Next

Ismael Toroama : dialog dan persiapan ratifikasi “Bougainville Merdeka”

papua, Presiden Bougainville, Ismael Toroama
Presiden Bougainville, Ismael Toroama saat kampanye di depan rakyat Bougainville-Jubi/ist

Papua No.1 News Portal

Jayapura, Jubi- Veteran pejuang Bougainville Ismael Toroama yang baru dilantik menjadi Presiden Autonomi Bougainville Government (ABG) menyatakan pemerintahannya akan memfokuskan secara kritis pada fase dialog dan konsultasi dengan pemerintahan Papua Nugini dalam persiapan proses ratifikasi.

“Sebagai kesimpulan, saya menyerukan kepada setiap warga Bougainville yang mampu untuk bersatu di belakang pemerintah, sementara saya selama 14 hari ke depan sampai pemerintahan penuh dan permanen terbentuk,”kata Toroama presiden terpilih dari partai Aliansi Rakyat Bougainville sebagaimana dikutip dari laman resmi http://www.abg.gov.pg, Minggu (27/9/2020)

Toroama ingin meyakinkan rakyat Bougainville dan Papua Nugini, sebagai presiden yang dimandatkan, dia siap membawa Bougainville ke depan dengan fokus pada hukum dan ketertiban, kebijakan anti korupsi, proses ratifikasi dan peningkatan kemandirian fiskal negara Bougainville.

Presiden Bouainville juga mengumumkan pemerintahan sementara sesuai dengan Pasal 82 Konstitusi Bougainville bahwa pemerintahan terdiri dari Presiden Ismael Tororama dan wakil presiden Hon Patrick Nisiria, Anggota Halia; dan Hon. Therese Kaetavara, Perwakilan Wanita untuk Bougainville Selatan serta jajaran kabinetnya dalam 14 hari ke depan.

“Saya juga akan meluangkan waktu untuk berkonsultasi dengan setiap anggota terpilih, komite regional anggota terpilih, Kaukus Partai saya, eksekutif Partai saya dan orang Bougainville terkemuka lainnya, sehingga saya memiliki pemerintahan terbaik yang dapat memberikan layanan yang diperlukan untuk rakyat Bougainville.

Pemerintahan sementara ini akan beroperasi selama 14 hari ke depan dari kemarin,”kata Presiden Bouaginville terpilih yang baru dilantik pada 25 September di Buka, ibukota Bougainville, PNG

Meski referendum Bougainville, wilayah otonomi khusus Papua Nugini, PNG, telah merampungkan pemberian suara dari 23 November 2019 hingga 7 Desember 2019 . Ternyata mereka memilih Bougainville merdeka dengan 97.7 persen suara atau 176 ribu suara memilih Bougainville merdeka dari sebanyak 180 ribu orang warga Bougainville yang berhak memberikan suaranya.

Loading...
;

Hanya 3000 suara yang memilih Bougainville menjadi wilayah yang tetap bergabung dengan Papua Nugini dengan mendapatkan kewenangan menjalankan pemerintahan yang lebih besar.

.Walau demikian hasil referendum ini tidak terikat oleh hukum. Penentuan nasib Bougainville selanjutnya adalah negosiasi antara pemerintah Papua Nugini dan Pemerintah otonomi Bougainville.

Mantan pentolan pejuang Bougainville merdeka, Ishmael Toroama yang baru saja diambil sumpah menjadi Presiden Autonomi Bougainville Government (ABG) menggantikan John Momis yang berkuasa selama 10 tahun. Tugas berat menanti Presiden ABG Bougainville Toroama bernegosiasi dengan Parlemen Papua Nugini di Port Moresby untuk meratifikasi hasil penentuan pendapat rakyat Bougainville.

Saat ini, 14 portofolio menteri di Dewan Eksekutif Bougainville telah diambil alih oleh pemerintahan sementara yang dipimpin oleh Presiden Toroama. Berdasarkan Pasal 81 dari Undang Undang Bougainville, terdapat enam kementerian akan diangkat dari komite parlemen regional dengan dua dari setiap daerah.

Dalam proses ini masing-masing daerah mengajukan lima calon yang kemudian ditunjuk oleh Presiden dua menteri dari daftar untuk Bougainville Utara, Selatan dan Tengah. Sisa kabinet diangkat atas kebijaksanaan Presiden yang diberdayakan oleh Konstitusi Bougainville berdasarkan Pasal 83 (1).

Daftar anggota Parlemen Bougainville

Sementara itu Radio FM New Danw Bougainville juga telah mengumpulkan semua daftar lengkap dari anggota parlemen Bougainville yang akan menjadi anggota Dewan Perwakilan Bougainville ke 4 di Lembaga Legislatif Autonomie Bougainville Govermenmet (ABG).

Antara lain wilayah Bougainville Utara :

1. Daerah Pemilihan Atol: Raymond Masono
2. Nissan Konstituensi: Charry Napto
3. Daerah Pemilihan Taonita Teop: Thompson Joseph Gitovea
4. Konstituensi Taonita Tinputz: Morris Opeti
5. Daerah Pemilihan Teua: Charles Kakapetai
6. Mahari Konstituensi: John Tabinaman
7. Daerah Pemilihan Tonsu: Ezekiel Masatt
8. Daerah Pemilihan Haku: Xavier Kareku
9. Peit Constituency: Bernard Bobos
10. Daerah Pemilihan Suir: Polikarpus Suito
11. Daerah Pemilihan Selau: Paul Otto Cheung
12. Daerah Pemilihan Halia: Patrick Nisira
13. Daerah Pemilihan Hagogohe: Robert Hamal Sawa
14. Daerah Pemilihan Tsitalato: John Bosco Ragu
15. Kursi Regional Wanita Utara: Amanda Masono
16. Kursi Regional Veteran Utara: Callen T Matuna
Wilayah Bougainville Tengah :
1. Daerah Pemilihan Rau: Jason Baranangko
2. Terra Konstituensi: Robin Wilson
3. Daerah Pemilihan Eivo Torau: Lawrence Sirapui
4. Daerah Pemilihan Ioro: Theonila Matbob
5. Daerah Pemilihan Nasioi Utara: Mathias Salas
6. Daerah Pemilihan Nasioi Selatan: Justin Borgia
7. Daerah Pemilihan Kongara: Ernesty Teddu
8. Daerah Pemilihan Kokoda: Rodney Osioko
9. Kursi Regional Wanita Pusat: Yolanda G Paul
10. Kursi Regional Veteran Tengah: Linus J Dake

Wilayah Bougainville Selatan:
1. Daerah Pemilihan Torokina: Fabian Saleu
2. Daerah Pemilihan Bolave: Dennis Lokonai
3. Daerah Pemilihan Lato: Melvin Wilolopa
4. Daerah Pemilihan Baba: Emmanuel Carlos Kaetavara
5. Konstituensi Motuna Huyono: Zacharias Nungnung
6. Kopi Konstituensi: Joseph Kim Swuamaru
7. Ramu – Pataaku
8. Daerah Pemilihan Makis: Tumare Muda
9. Daerah Pemilihan Baubake: Jacob Tooke
10Lule – John Mona na
11. Daerah Pemilihan Konnou: Willie Masiu
12. Kursi Regional Wanita Selatan: Theresa Kaetavara
13. Kursi Regional Veteran Selatan: Thomas Tarii

Menurut catatan dari Radio FM Bougainville tersebut, hampir 70 persen dari anggota Dewan Perwakilan Bougainville ke-4 merupakan anggota baru yang dipilih untuk pertama kalinya ke dalam Pemerintahan Bougainville yang Otonom.

Dari 40 kursi di Parlemen Bougainville, hanya 13 anggota ABG House ketiga yang berhasil merebut kembali kursi mereka di Pemilu ABG 2020.

Delapan dari tiga belas anggotanya adalah mantan Menteri Momis yang memimpin ABG House ketiga termasuk Anggota Atolls dan mantan Wakil Presiden Raymond Masono.

Pemisahan regional anggota DPR adalah Utara dengan 16 anggota, Pusat dengan 10 anggota dan Selatan dengan 13 kursi yang merupakan 39 kursi DPR tidak termasuk Presiden.

Di tingkat daerah; Bougainville Tengah memiliki persentase anggota baru tertinggi dengan 80 persen, diikuti oleh Utara 56 persen, dan Selatan 54 persen.

Pada saat penghitungan anggota baru diumumkan dan penghitungan semakin lama terlihat bahwa pemilih telah memilih darah baru di ABG. Hal ini terbukti dari Pemilu dan menyoroti masalah pendidikan pemilih dan pemahaman waktu nyata tentang demografi pemilih.

Menariknya, John Tabinaman memiliki perbedaan sebagai satu-satunya anggota Dewan Perwakilan Bougainville yang konsisten sejak dimulainya ABG pada 2005

Jhon Tabianan adalah wakil Presiden ABG dan menggantikan Joseph Kabui Presiden Pertama ABG dari Partai Konggres Rakyat Bougainville yang meninggal karena serangan jantung pada 7 Juni 2008.(*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top