HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Isu Tiongkok-Taiwan akan pengaruhi pemilu presiden Kiribati

Mantan Presiden Kiribati, Anote Tong. RNZI / Koro Vaka’uta
Isu Tiongkok-Taiwan akan pengaruhi pemilu presiden Kiribati 1 i Papua
Mantan Presiden Kiribati, Anote Tong. RNZI / Koro Vaka’uta

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Tarawa, Jubi – Seorang mantan presiden Kiribati, Anote Tong, berkata kompetisi antara dua tokoh utama negeri itu untuk merebut jabatan puncak di Kiribati dapat diputuskan oleh kebijakan luar negeri mereka terkait Taiwan dan Tiongkok.

Taneti Maamau dan Banuera Berina adalah dua orang mantan rekanan politik yang sekarang meminta pemilih mendukung mereka sebagai presiden dalam pemilu 22 Juni mendatang.

Isu Tiongkok-Taiwan akan pengaruhi pemilu presiden Kiribati 2 i Papua

Anote Tong telah menjabat sebagai presiden selama lebih dari 12 tahun, ia pensiun pada tahun 2016.

Dia adalah seorang aktivis yang memperjuangkan penguatan upaya-upaya menghadapi perubahan iklim.

Namun, Tong berkata, beberapa isu lain bisa jadi akan menentukan arah pemilihan tersebut.

“Maamau telah menjadi presiden selama empat tahun, dan masa jabatannya itu akan dinilai oleh orang-orang saat pemilu mendatang. Tentu saja ada debat mengenai aliansi Tiongkok-Taiwan. Mengenai masalah itu juga, ada banyak pendapat publik tentangnya, dan saya percaya itu mungkin akan menjadi faktor penentu siapa yang menang,” tutur Tong.

Loading...
;

Pemerintah Maamau telah mengalihkan pengakuan diplomatiknya dari Taiwan ke Tiongkok tahun lalu.

Sementara itu, Tong, yang juga seorang calon penerima Hadiah Nobel, menegaskan bahwa siapapun pemimpin negara itu berikutnya, harus memiliki pendekatan yang lebih baik mengenai isu perubahan iklim.

Menurutnya, pemerintah mengambil sikap lebih lemah terhadap isu ini, dan dia berharap kedua capres akan mengumumkan rencana dan solusi (terkait perubahan iklim) saat berkampanye.

“Isu telah dipolitikkan dan itu sangat disayangkan, tetapi mari kita bangun, dengarkan sains, dan mencari solusi. Sains tidak berubah, tetapi solusi dan pendekatan politik kita telah berubah.”

Tong juga mengakui bahwa kedua kandidat presiden itu adalah politisi berpengalaman yang sudah berbakti selama beberapa waktu. (RNZI)

Editor: Zely Ariane

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa