Follow our news chanel

ISWA: Sucofindo hadir, ekspor kayu olahan lebih mudah

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura , Jubi – Ketua Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia (ISWA), Daniel Gerden, mengakui adanya kemudahan dalam mengekspor kayu olahan dari Papua ke luar negeri setelah PT Superintending Company of Indonesia (Persero) atau lebih populer disingkat SUCOFINDO membuka cabang di Jayapura.

“Tetap berjalan setiap bulan, jadi ekspornya itu sesuai dengan standar pemerintah dari Sucofindo sehingga paling tidak itu dimudahkan dari  per dua minggu atau satu bulan sekali sudah berjalan dengan baik,” ujarnya, kepada wartawan, Rabu (17/10/2018).

Tak hanya Sucofindo, beberapa faktor kelengkapan seperti fumigasi dari Balai Karantina dan kontainer ekspor untuk pihaknya juga telah disiapkan Pelindo.

ISWA, kata Daniel, akan terus mendorong dari semua pengusaha kayu yang tergabung untuk ekspor ke luar daerah dengan adanya kemudahan-kemudahan tersebut.

Terkait dengan target, Daniel mengakui kendala yang sangat dirasakan berat bagi para pengusaha kayu adalah kemampuan permodalan dan bahan baku dan jumlah produksi industri kayu di Papua.

“Sebenarnya tidak terbatas permintaan. Kemampuan kita saja yang masih terbatas, yaitu kemampuan permodalan dan kemampuan industri kita,” ujarnya.

Loading...
;

Mengenai negara tujuan, kata Daniel, tujuan ekspor kayu olahan dari Papua adalah China yang paling banyak permintaan selain Korea dan Australia serta India.

Sebelumnya, Menteri BUMN, Rini M. Soemarno, dalam press conference usai peresmian 16 proyek strategis Pelindo IV, Jumat (24/8/2018), meminta PT Superintending Company of Indonesia (Persero),atau lebih populer dengan sebutan Sucofindo untuk membuka kantor di Jayapura.

“Saya baru mendapatkan informasi terkait keluhan dari para pengekspor kayu. Sebelumnya ekspor langsung tidak bisa dilakukan di Jayapura karena tidak ada Sucofindo dan proses fumigasi. Sucofindo yang juga BUMN maka mereka akan ada di Jayapura,” ujarnya

Rini menambahkan adanya Sucofindo di Jayapura guna memperlancar proses ekspor langsung dari Pelabuhan Jayapura ke negara tujuan setelah melepas 37 kontainer kayu olahan yang diekspor ke Shanghai, Tiongkok. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top