Follow our news chanel

Jabatan disebut pintu masuk ASN tersandung korupsi

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi – Sekretaris komisi bidang pemerintahan, politik, hukum an HAM DPR Papua, Mathea Mamoyao mengatakan, salah satu pintu masuk para Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk di Papua melakukan tindak pidana korupsi lantaran menempati posisi strategis dalam sistem pemerintahan.

“Itu kan sudah menjadi rahasia umum. Itu (jabatan) posisi empuk yang membuat seorang ASN berpeluang mencari keuntungan sendiri dengan menyalahgunakan kewenangannya,” kata Mathea Mamoyao kepada Jubi, Rabu (17/10/2018).

Selain faktor jabatan, hal lain yang diduga dapat menjadi pintu masuk seorang ASN melakukan korupsi adalah hubungan baik dengan pimpinan dan relasi di luar instansi tempatnya bekerja.

“Kan bisa dilihat, terkadang ada ASN yang golongan kepangkatannya menengah, tak memiliki jabatan, namun dia punya uang banyak. Padahal tak ada usaha lain, hanya bergantung pada gajinya sebagai ASN. Ya mungkin saja dia perantara atau lainnya,” ujarnya.

Katanya, jika seseorang ingin menjadi ASN motivasinya harus benar-benar untuk melayani masyarakat, bukan karena ingin memperkaya diri.

“Kami berharap para ASN yang menempati jabatan tertentu di pemerintahan, tidak menyalahgunakan jabatannya, karena yang diinginkan adalah menciptakan pemerintahan bersih,” ujarnya.

Loading...
;

Sementara Kepala Region IX Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jayapura, Paulus Dwi Laksono Harjono mengatakan, setiap ASN yang melakukan tindakpidana korupsi dan menyelahgunakan kewenangannya, harus diberhentikan jika telah memiliki putusan hukum tetap.

Data yang dimiliki Region IX BKN Jayapura mencatat, ada sebanyak 146 ASN di 28 kabupaten, satu kota dan lingkungan Pemprov Papua yang telah memiliki putusan hukum tetap dalam kasus korupsi.

“Kami sudah menginstruksikan para kepala daerah agar segera menindaki ASN terpidana korupsi, sesuai aturan yang berlaku,” kata Paulus Dwi Laksono Harjono sehari sebelumnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top