Follow our news chanel

Previous
Next

Jabatan Kadis Dukcapil tidak ditentukan Dirjen Capil Kemendagri

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diwawancara media - Jubi/Engel Wally
Jabatan Kadis Dukcapil tidak ditentukan Dirjen Capil Kemendagri 1 i Papua
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diwawancara media – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, menegaskan jabatan Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Jayapura bukan menjadi keputusan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Capil) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

“Proses seleksi terbuka sudah kami lakukan dan dilakukan oleh tim khusus, bukan pemda yang melakukan hal tersebut. Dengan harapan persoalan dukcapil di sini dapat diselesaikan dengan baik. Memang persoalan tetap kita laporkan kepada Dirjen Capil (Kemendagri), tetapi bukan mereka yang menentukan,” tegas Bupati Awoitauw, saat ditemui di kantornya, Senin (2/9/2019).

Dikatakan, cara-cara seperti yang ditekankan oleh Dirjen Capil Kemendagri berdasarkan aturan yang ada, sama saja dengan mematikan apa yang saat ini diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Menurutnya, apapun itu bentuknya, Dirjen Capil Kemendagri harus koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura terkait usulan pemangku jabatan itu.

“Ini ada apa? Saya sudah satu minggu di Jakarta menunggu kepastian dirjen untuk bertemu, tetapi tidak juga dilakukan. Dirjen Capil Kemendagri ini luar biasa, memangnya dia ini siapa? Presiden saja tidak mungkin melakukan hal seperti ini. Orang Papua bisa marah karena pemerintah pusat punya kelakukan seperti ini,” ungkapnya.

Lanjut Bupati dua periode ini mengatakan dirinya bisa saja mem-PTUN-kan Dirjen Capil Kemendagri karena sudah merugikan banyak kepentingan masyarakat Kabupaten Jayapura.

Loading...
;

“Kemarin saya tunggu-tunggu dia tapi dia tinggal putar-putar terus. Apa model begitu pemerintah pusat? Saya akan proses dia dengan cara yang lain,” jelas Bupati Awoitauw.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Jayapura, Herald Berhitu, mengatakan pihaknya saat ini sedang dalam proses perekaman e-KTP bagi masyarakat yang datang untuk merekam.

“Secara offline, kita lakukan perekaman saja, sambil menunggu jaringan yang baik untuk mengirim dokumen yang sudah ada,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top