Follow our news chanel

Previous
Next

Jacksen F Tiago dan materi pemain Persipura 2020

JFT dan Lukas Mandowen – Jubi/Dam
Jacksen F Tiago dan materi pemain Persipura 2020 1 i Papua
Pelatih Persipura di kompetisi Liga 1 2020, Jacksen F Tiago (JFT) – Jubi/Roy Ratumakin

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Selama enam tahun menukangi tim Mutiara Hitam, coach Jacksen F Tiago tidak terlibat secara langsung dalam pembentukan tim. Pertama kali Jacksen tiba di Persipura untuk menggantikan M Raja Isa di tengah kompetisi. Walau demikian, Jacksen F Tiago bersama tim Mutiara Hitam meraih scudetto Indonesia Super League (ISL) musim 2008-2009. Hingga akhirnya bersama Boaz dan kawan-kawan meraih bintang empat dan beberapa kali runner up.

Musim 2019, Jacksen F Tiago kembali lagi ke Persipura pada Juli 2019, saat Boaz dan kawan-kawan terperosok ke jurang degradasi. Lagi-lagi, Boaz dan kawan-kawan bersama Jacksen F Tiago finish urutan ketiga. Meski berkompetisi di tengah badai rusuh rasialis dan Stadion Mandala sedang dipugar dan direnovasi. Akibatnya gonta ganti markas dari Deltras Sidoarjo ke markas Mitra Kukar, Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur.

Kali ini Persipura kembali bersama Jacksen F Tiago di Liga 1 musim 2020. Coach asal Brasil ini diberi kewenangan penuh memilah-milih pemain sesuai scenario, strategi, dan taktik. Musim 2020 ini, keterlibatan Jacksen F Tiago dalam membentuk skuad Mutiara Hitam jelas sangat besar. Apalagi Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano, menegaskan wewenang menentukan pemain berada di tangan coach Jacksen F Tiago dan manajemen hanya meneken kontrak sesuai pilihan pelatih.

“Saya dengan manajemen selama masa liburan, kita bekerja sangat keras. Mungkin banyak orang berpikir kita berlibur dan tidak urus tim. Tetapi kita bekerja sangat keras untuk mendapat pemain-pemain. Sebenarnya kita berharap dapat yang lebih lagi, tetapi ada beberapa kendala sehingga ini adalah yang terbaik kita dapat,” kata Jacksen F Tiago, menanggapi pertanyaan Jubi seputar materi pemain Persipura musim 2020, di Lapangan sepak bola PLTD milik PT PLN Wilayah Papua dan Papua Barat, Jumat (24/1/2020) sore.

Dia mengatakan tetap bersyukur sama Tuhan karena masih mendapat harapan baik dengan materi pemain yang ada sekarang ini.

“Kalau kita lihat respons dari masyarakat cukup positif. Justru masyarakat berpikir bukan tim yang ada saat ini bukan yang pergi, Itu berarti tim saat ini tidak perlu dibahas lagi,” katanya seraya menambahkan timnya tinggal kerja keras dengan jujur semoga Tuhan memberi akal yang baik sehat agar bisa mengambil keputusan yang tepat.

Loading...
;

Jacksen  F Tiago dalam musim ISL 2008-2014 masuk di tengah kompetisi dan secara perlahan membenahi tim. Begitu pula dalam Liga 1 musim 2019 pelatih asal Brasil ini masuk di pertengahan kompetisi.

Pelapis berkelas

Jacksen F Tiago dan materi pemain Persipura 2020 2 i Papua
JFT dan Gunansar Mandowen – Jubi/Dam

Menyinggung soal materi pemain, menurut Jacksen F Tiago sangat stabil dari aspek postur tubuh pun lumayan.

“Memang permainan individu itu penting tetapi bagaimana kecerdasan seorang pemain dalam mengambil keputusan. Karena level kita bermain dibutuhkan pemain seperti itu,” katanya mengomentari materi pemain yang ikut membela skuad Mutiara Hitam.

Dia mengakui materi pemain semua merata dan stabil.

”Oleh karena itu butuh kerja keras karena musim sekarang ini, semua tim berusaha untuk meraih yang terbaik. Apa yang kita rencanakan dalam tim ini merupakan ekspetasi dari semua pihak,” katanya.

Jubi menelisik lini belakang Persipura sebagian besar wajah lama mulai dari kiper Dede Sulaimen, Ricardo Salampessy, Valentino Telaubun, Kevin Rumakeik di sektor kiri. Masuknya pemain muda asal Barito Putra, Imanuel Rumbiak, adik kandung mantan gelandang Persipura Ardiles Rumbiak, ini baru berusi 21 tahun dengan tinggi badan 1,67 cm. Selama di Barito menjadi pelapis bagi Ronny Beroperay. Pelatih Jacksen pasti mengenal lebih dekat karakter dan visi bermain dari pemain kelahiran Timika ini. Artinya, ada dua pelapis bagi Valentino Telaubun antara lain Rumakeik dan Rumbiak.

Rekrutan bek asal Papua lainnya,  bek tengah asal Barito Putra juga pernah main di Perseru, Donny Monim. Pemain kelahiran Serui ini 27 tahun itu mencetak satu gol mencatatkan 106 tekel dan 100 intersep dalam 31 pertandingan selama LIga 1 musim 2018 saat membela Perseru.

Begitupula dengan Israel Wamiau dari Arema FC. Meski tim asal Malang itu hendak mengontraknya karena sangat kuat dalam bertahan dan mau bekerja keras sebagai bek kanan. Masuknya Wamiau dan Monim sebagai pemain yang siap gantikan Ricardo Salampessy dan Tinus Pae dalam musim mendatang termasuk bek asal Brasil Arthur Cunha da Rocha. Pemain berusia 30 tahun dengan tinggi badang 188 cm ini sangat ideal di lini depan maupun belakang dalam duel udara.

Lini tengah pun apik tercatat Takuya Matsunaga, M Tahir, Thiago Amaral pengatur serangan, dua pemain muda Todd Ferre dan Patrick Womsiwor, dan gelandang senior Ian Kabes. Pelatih Jacksen memiliki racikan utama di lini tengah dalam melancarkan variasi serangan.

Seandainya tim lawan memakai strategi pertahanan berlapis atau grendel ala bertahan Italia maka pemain mungil seperti Ferinando Pahabol dan Todd Rivaldo sebagai pemain mungil dengan kelincahan bermain bisa meliuk masuk menembus pertahanan berlapis.

Begitupula umpan lambung baik dari lini tengah maupun wing bek kiri dan kanan, para striker jangkung seperti Marinus Manewar dan Sylvano Comvalius (Belanda ) serta Boaz T Solossa yang punya naluri gol tinggi. Pemain mungil Ferinando Pahabol dan Gunansar Mandowen sudah pasti menjadi super sub untuk menjawab kebuntuan para striker saat mandul alias tak mampu mencetak gol.

Meski materi pemain sangat mumpuni, sekali lagi kata Jacksen F Tiago perlu kerja keras untuk membangun kerja sama, karena dalam permainan harus mengutamakan kolektivitas dan saling mendukung. Bukan semata-mata mengandalkan permainan individu karena dalam sepak bola permainan secara tim lebih utama. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top