Follow our news chanel

Previous
Next

Jacksen F Tiago dan tim musafir Persipura

Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago - dok. Jubi.
Jacksen F Tiago dan tim musafir Persipura 1 i Papua
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi- Berbeda dengan musim-musim sebelumnya pelatih asal Brasil Jacksen F Tiago masuk ke Persipura di tengah kompetisi. Akibatnya menerima para pemain yang sudah berlaga.

Walau demikian, JFT berhasil membawa Persipura tiga kali juara Indonesia Super League. Selanjutnya menyelamatkan Persipura dari jurang degradasi dan finish urutan ketiga, Mungkin berbeda hasilnya kalau Persipura tak menjadi tim musafir dari Stadion Aji Imbut Tenggarong ke Stadion Deltras Sidoarjo.

Memasuki kompetisi Liga 1 musim 2020, Persipura kembali lagi jadi tim musafir. Sebab kondisi Stadion Mandala baru mencapai 80 persen renovasi. Ketua Umum Persipura Benhur Tommy Mano mengakui rumput stadion Mandala belum tumbuh sempurna dan tidak rata sehingga tak ada pilihan lain kembali jadi tim musafir lagi.

Meski sudah ada lampu hijau dari pemerintah Provinsi Papua soal Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan Sentani, namun belum bisa mendapat ijin. Pasalnya, kedua stadion ini dipersiapkan demi pelaksanaan PON Papua 2020.

Walau demikian pasca PON Papua 2020 hanya Persipura yang bisa gunakan kedua stadion itu. Tetapi biaya sewanya juga sangat mahal, Misalnya saja perawatan rumput stadion Papua Bangkit menelan biaya mencapai Rp 500 juta . Belum lagi perawatan stadion dan pembayaran listrik dan air guna memenuhi kebutuhan stadion termegah di Papua ini. Paling lambat Mei 2020, baru para pecinta dan Persipuramania bisa menyaksikan Mutiara Hitam melepaskan statusnya sebagai tim musafir.

Tak soal bagi JFT, karena sepak bola adalah permainan tim, walau bagaimana pun juga harus ada solusi untuk meredam rasa rindu para pemain Persipura terhadap keluarga dan Persipuramania. Berbeda memang merasakan atmosfir permainan di depan pendukung sendiri saat bermain sebagai tim musafir. Tak ada pemasukan dari karcis dan lebih banyak pengeluaran bagi pelaksanaan kompetisi di luar kandang. Belum lagi penonton sangat sedikit.

Loading...
;

Pengalaman Jubi saat menyaksikan Persipura bermain melawan Persiba Balikpapan di Stadion Mattoangin Makassar minim penonton di Indonesia Super League (ISL) musim 2009. Saat itu Stadion Mandala direnovasi dan melawan tuan rumah PSM Makassar justru supporter Makassar lebih banyak, padahal Persipura bertindak sebagai tuan rumah.

Semangat Mutiara Hitam

Meski menjadi tim musafir, JFT jelas punya pengalaman dan kiat khusus menyikapi kompetisi musim 2020. Apalagi musim ini, semua materi pemain srratus persen merupakan pilihannya bersama manajemen Persipura.

JFT terkenal sebagai sosok pelatih yang tak mau sesumbar soal taktik dan formasi dalam permainan. Namun dalam pengamatan Jubi, JFT selalu memusatkan taktik dan strategi di lini tengah Persipura.

Meski tak disangkal kalau lawan yang dianggap biasa, pasti bermain menyerang selalu digunakan dengan formasi 4-3-3. Pilihan pasti jatuh kepada pemain senior Tinus Pae, Telaubun, Ricardo Salampessy dan bek asal Brasil Arthur Cunha. Bek Arthur Cunha dianggap mampu beradaptasi menggantikan posisi Andre Ribeiro bek asal Brasil. Sebaliknya kalau lawan kuat dan seimbang sudah pasti racikan dan formasi 4-4-2. Meski pun formasi lapangan selalu bisa berubah sesuai kebutuhan dan materi pemain yang benar-benar siap dalam berlaga.

Soal formasi, bagi JFT, semua itu nanti ditentukan oleh pemain dalam lapangan saat menerima dan mampu menjalankan instruksi pelatih dari pinggir lapangan.

Lini tengah jelas merupakan jantung utama penyerang maupun pemutus serangan tim lawan ke jantung pertahanan Persipura. Posisi ini jelas pilihan jatuh ke tangan M Tahir dan Takuya Matsunaga sebagai pemutus serangan. Kedua pemain ini juga mampu ikut membangun serangan bahkan M Tahir mampu membikin gol.

Sedangkan gelandang otak serangan jelas berada pada beberapa pemain mulai dari Ian Luis Kabes, Todd Ricardo Ferre, Thiago Amaral. Bahkan Thiago Amaral sudah berani bilang tekad bawa Persipura juara. Di samping itu ada pula Patrick Womsiwor gelandang muda Persipura yang bisa mengorbit musim 2020.

Lini depan sangat tajam dengan hadirnya striker asal Belanda Sylvano Comvalius. Pemain jangkung ini diharapkan mampu menciptakan gol lewat duel bola-bola atas. Apalagi dua pemain bek sayap Persipura kanan Tinus Pae dan kiri Telaubun mampu memberikan umpan manis dari kedua sisi.

Jelas para pemain belakang akan kerepotan mengawal Boaz T Solossa, Marinus Manewar, Gunansar Mandowen dan Ferinando Pahabol. Pemain depan Persipura rata rata memiliki naluri gol tinggi. Tinggal bagaimana pelatih mampu menurunkan mereka sesuai taktik dan strategi. Pengalaman musim lalu Ferinando Pahabol dan Lukas Mandowen selalu masuk sebagai super sub pada babak kedua. Akankah strategi dan taktik itu akan berlaku bagi Gunansar Mandowen dan Ferinando Pahaboil.

Boaz, Marinus dan Comvalius tipe striker yang mampu mencetak gol lewat kepala, kaki dan gerakan tanpa bola, hingga memudahkan pemain lain mencetak gol. Dengan materi pemain yang begitu lengkap, JFT mampu meracik taktik dan strategi. Pekerjaan rumah selanjutnya adalah Persipura butuh uji coba untuk membangun senyawa antar pemain. Sehingga permainan antar lini bisa semakin terpadu. Bola juga bisa mengalir dari kaki ke kaki tanpa ada kesalahan passing, control dan dribble. Ibarat samba yosim, bola menari dari kaki ke kaki hingga merobek jala tim lawan. Tentunya bermain sepak bola dibutuhkan pula kegembiraan dan senang dalam mengontrol maupun kerja sama tim.

Jelas, JFT membutuhkan pembeda dalam meracik strategi Boaz dan Comvalius diharapkan berada di balik pembuat gol. Tanpa memperkecil peran lini tengah M Tahir dan kawan-kawan juga mampu mencetak gol.

Persipura jelas masih butuh uji coba jelang kompetisi Liga 1 musim 2020 pada akhir 29 Februari. Waktu sebulan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan uji coba sebanyak lima kali melawan klub-klub local di Batu Malang, Jawa Timur.(*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top