Follow our news chanel

Previous
Next

Jacksen Tiago tak ingin jadi WNI

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago – Jubi/Roy Ratumakin.
Jacksen Tiago tak ingin jadi WNI 1 i Papua
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Naturalisasi pemain sepak bola Indonesia belakangan telah menjadi tren, meski mendapat banyak kritik lantaran atlet yang berpindah kewarganegaraan tak lagi muda.

Gelombang naturalisasi pemain baru ramai di Indonesia sejak 2010. Namun, fenomena itu bukan hal baru lagi di sepak bola dunia.

Melakukan naturalisasi selusin pemain jadi hal mubazir ketika akhirnya tak banyak yang bisa berguna di skuad Merah Putih.

Sebagian pecinta sepak bola pun berharap agar pemain yang dinaturalisasi bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap gelar juara Timnas Indonesia.

Beberapa pemain naturalisasi meramaikan bursa transfer Liga 1 2020. Otavio Dutra yang sebelumnya bermain untuk Persebaya Surabaya, resmi bergabung dengan Persija Jakarta. Sementara itu, Victor Igbonefo yang sempat tampil untuk PTT Rayong (Thailand), kini tampil dengan seragam Persib Bandung.

Naturalisasi sendiri, ramai dibicarakan di Indonesia sejak Cristian Gonzales memperkuat Tim nasional (Timnas). Gonzales yang kelahiran Uruguay, mengajukan diri untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ia resmi berstatus WNI pada 3 November 2010.

Loading...
;

Di samping Gonzales, ketika itu ada Irfan Bachdim. Namun, pemain kelahiran 11 Agustus 1988 tersebut bukanlah pemain naturalisasi. Ia sudah memiliki paspor Indonesia sejak lahir.

Setelah itu beberapa pemain dinaturalisasi, mulai dari Kim Kurniawan, Diego Michiels, Raphael Maitimo, Jhonny van Beukering, Tonnie Cussel, Greg Nwokolo, Stefano Lilipaly, Sergio van Dijk, Ilija Spasojevic, Herman Dzumafo, Beto Goncalves, Esteban Vizcarra, hingga Osas Saha.

Semua nama-nama tersebut datang dari pesepakbola aktif. Namun siapa sangka bahwa hal tersebut datang dari seorang pelatih?

Jacksen Tiago, pelatih berkebangsaan Brasil tersebut saat ditanya apakah punya keinginan untuk menjadi WNI alias dinaturalisasi? Kepada Jubi, JFT sapaan akrabnya mengatakan tidak mempunyai keinginan untuk dinaturalisasi menjadi WNI.

“Tidak ada terpikir dalam benak saya. Walaupun istri saya adalah seorang Indonesia dan kami tinggal di Indonesia, tetapi untuk menjadi WNI tidak ada dalam benak saya,” kata JFT belum lama ini.

Menurut JFT, dirinya tidak mau menghianati ibu kandungnya yang telah melahirkan dirinya di Negara Brasil.

“Saya menghormati Negara saya sama dengan saya menghormati ibu saya. Saya bangga bisa berkarir di Indonesia, karena semua kesuksesan saya raih di sini. Jati diri saya tetaplah Brasil,” ujarnya.

Koordinator Persipura Mania, Wilson Samonsabra menilai, naturalisasi pemain asing menjadi WNI sah-sah saja kalau itu untuk mendongkrak prestasi Timnas Indonesia.

“Bagus kalau hal itu dilakukan untuk Timnas Indonesia, tetapi kalau untuk menguntungkan klub ya, sama saja nantinya. Soal JFT, kita harus menghargainya sebagai pelatih yang mempertahankan Negara asalanya,” kata Wilson melalui sambungan telepon selularnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top