Jadi begini rute kirab Api PON

Papua
Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda saat wawancara di Sekretariat Sub PB PON Kabupaten Jayapura. Jubi/Engel Wally


Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda mengatakan, kirab Api PON yang tiba di Jayapura akan dikawal oleh seluruh mantan atlet Papua dari berbagai cabang olahraga yang pernah mengharumkan nama daerah dan Bangsa Indonesia.

Dikatakan, rute Kirab Api PON akan dimulai pada 26 September dari Kota Sorong. Diarak mengelilingi kota itu. Lalu pada 27 September menuju Kabupaten Biak. Di sana akan ada prosesi penyerahan api PON dari Pemerintah Daerah Papua Barat kepada Pemerintah Papua.

” Sebagai ketua harian, saya akan ada di sana untuk menerima obor api PON dari pemerintah Provinsi Papua Barat kepada pemerintah Provinsi Papua, ” ujar Wonda saat dihubungi di Sentani. Senin ( 20/9/2021).

Dari Kabupaten Biak pada 28 September, Kirab Api PON akan menuju Timika dan bermalam di sana. Pada 29 September menuju Kabupaten Jayawijaya di Wamena, dan 30 September obor Api PON akan bermalam di ujung Timur Indonesia yakni Kabupaten Merauke.

” Setiap daerah (Api PON) akan disemayamkan satu malam dan berpindah ke daerah berikutnya, ” kata Wonda.
Pada 1 Oktober, Obor Api PON tiba di Bandar Udara Sentani dan langsung dibawa ke Kantor Gubernur Kota Jayapura.

Selanjutnya diserahkan oleh Wali Kota Jayapura kepada Gubernur Papua dan selanjutnya diarak mengelilingi Kota Jayapura dan akan bermalam di Gedung Negara.

” Pada 2 Oktober, penyerahan obor Api PON oleh Gubernur Papua kepada Wali Kota Jayapura yang selanjutnya dibawa ke kabupaten Jayapura oleh wali kota dan diserahkan kepada Bupati Jayapura, ” .

Loading...
;

Setelah di Kabupaten Jayapura, lanjut Wonda, Obor Api PON akan diarak menyusuri Danau Sentani dari arah barat Pantai Toware menuju Timur di Pantai Wisata Kalkote. Sepanjang menyusuri Danau Sentani, seluruh warga masyarakat pesisir Danau Sentani akan mengantar Obor Api PON dengan tradisi dan budaya setempat, yaitu tarian Isolo atau tarian di atas perahu.

Tiba di Kalkote, ada 200 penari tradisional dari kampung Keleblouw akan menjemput bersama seluruh mantan atlet daerah dan nasional dari Papua -Papua Barat. Lalu bersama menuju Stadion Utama Lukas Enembe.

“Sebagai ketua harian saya akan menerimanya di stadion dan selanjutnya disemayamkan hingga pukul 19.00 untuk mengikuti prosesi Grand Opening Ceremony PON XX, ” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Suku ( DAS) Sentani, Origenes Kaway mengatakan, prosesi pengiringan Kirab Api PON di Danau Sentani dengan tradisi dan budaya Sentani, merupakan adalah dukungan penuh masyarakat adat yang berada pada 24 Kampung di pesisir danau itu.
” Kami sedang menunggu koordinasi dengan panitia besar dan sub panitia. Sejarah akan mencatat bahwa hanya di Papua, prosesi kirab Api PON dilakukan di atas danau dan dengan kekuatan seluruh masyarakat adat. Hal ini tidak serta merta jadi sebuah euforia yang semu, harus dipastikan ada harga yang dibayar sebelum prosesi kirab API PON berlangsung, ” ujarnya.(*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top