Jadi ini manfaat ikut Pramuka

Para anggota pramuka saat mengikuti materi MFR dari SAR Nabire - Jubi/Titus Ruban.
Jadi ini manfaat ikut Pramuka 1 i Papua
Para anggota pramuka saat mengikuti materi MFR dari SAR Nabire – Jubi/Titus Ruban.

Nabire, Jubi – Pramuka sangat penting dalam menumbuh kembangkan minat dan bakat militansi peserta didik. Pramuka juga menjalin persaudaraan, tidak memandang agama, suku dan ras.

“Karena Pramuka mengandung nilai – nilai gotong royong, religius dan suka rela yang saat ini telah dikikis oleh jaman, ” begitu kata ketua panitia Perjusami, Musa Rabono Arijoko di Nabire, Minggu (1/’02/2019).

Perkemahan jumat sabtu minggu (Perjusami) itu yang diikuti oleh tiga sekolah yakni SD N kalibobo, SD I. S keyne dan SD N Nabarua.

Tujuannya adalah untuk menanamkan nilai – nilai kepramukaan dan mengangkat pembelajaran tentang karakter kepada anak didik.

“Juga dalam rangka kegiatan dan pesta siaga yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Februari nanti saat HUT BP. Sehingga diadakan pemilihan atau rekrutmen peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut,” katanya.

Materi yang disampaikan, seperti MFR, bahaya narkoba, dan nilai – nilai perjuangan.

“Intinya adalah bagaimana menumbuh bakat dan nilai kemanusiaan untuk peserta didik, ” katanya.

Loading...
;

Dia berharap kepada peserta didik agar sekembalinya dari perkemahan ini, bisa dapat menerapkan pengalaman yang diperoleh selama perkemahan.

“Harapan saya kepada peserta agar teruslah belajar dan menimbah ilmu setinggi mungkin sebab tidak semua ilmu didapat di sekolah, tetapi contohnya di pramuka juga ada, ” kata kepala sekolah SD N kalibobo Nabore ini.

Koordinator Pos SAR (Search and Rescue), Nabire, Tri Joko mengatakan pihaknya memberikan materi tentang Medical First Responder ( MFR).

“Yang terdiri dari penanganan patah tulang, penanganan darurat, pemindahan korban, luka terbuka dan luka tertutup,” tuturnya

Kata Joko, materi tentang MFR sangat berguna dan cakupannya luas. Sebab orang akan mengetahui tentang pengetahuan dasar penanganan jika terjadi kecelakaan.

Sebab terkadang, orang tidak paham sehingga saat memindahkan korban karena terburu – buru dan menguasai trik. Akibatnya justru akan menambah cedera pada korban.

“Sehingga pengenalan sangat penting sedini mungkin, ” tandasnya.

Paskalia Rumasep, salah sati anggota pramuka mengatakan sangat senang saat mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, selain diajarkan hidup di alam bebas banyak pula ilmu lain yang diperoleh dari materi pramuka.

Gadis kecil ini mengaku tertarik dengan berbagai materi tentang survival (cara bertahan hidup di alam bebas, MFR, belajar disiplin bahkan tali temali.

“Saya kan mau jadi Polwan. Harus sudah punya dasar dari sekarang,” katanya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top