Jadi RS rujukan Covid-19, RSUD Nabire siapkan ruang tambahan untuk isolasi 

Nabire-papua
Situasi RSUD Nabire pada Minggu (5/4/2020) setelah ditunjuk Kemenkes RI menjadi rumah sakit rujukan Covid-19. - Jubi/Zely Ariane
Jadi RS rujukan Covid-19, RSUD Nabire siapkan ruang tambahan untuk isolasi  1 i Papua
Situasi RSUD Nabire pada Minggu (5/4/2020). RSUD Nabire telah ditunjuk Kemenkes RI menjadi rumah sakit rujukan Covid-19. – Jubi/Zely Ariane

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Nabire di Papua ditunjuk menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk menangani pasien Covid-19. Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Nabire, dr Frans Sayori MKes menyatakan RSUD Nabire telah memiliki ruang isolasi dan satu unit ambulans khusus. RSUD Nabire juga menyiapkan ruang tambahan untuk melakukan isolasi pasien Covid-19.

Frans Sayori menyatakan RSUD Nabire telah menyiapkan penanganan Pasien dalam Pengawasan (PDP) Covid-19. “Kita sudah menyiapkan hal-hal menyangkut penanganan pasien-pasien, baik itu PDP hingga nanti jika ternyata positif korona. [RSUD] Nabire punya satu ruang isolasi, juga mobil ambulan yg khusus,  bahkan satu mobil jenazah khusus jika pasien positif korona meninggal,” ujarnya.

Menurutnya, satu tim medis telah bersiap di RSUD Nabire, terdiri dari dokter spesialis paru, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anestesi, petugas kebersihan, sopir ambulans, dan sopir mobil jenazah. Sayori memastikan RSUD Nabire akan siap menangani PDP Covid-19 dan pasien positif korona.

“Posisinya, kami siap tidak siap harus menyiapkan, karena kami rumah sakit rujukan yang ditunjuk pusat. [Sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, kami] akan terima pasien dari [Kabupaten] Dogiyai, Deiyai, Paniai dan wilayah Saireri lainnya. Jadi kami menyiapkan beberapa ruangan tambahan untuk isolasi, disesuaikan dengan standar yang berlaku,” ujar Sayori.

Menurutnya, penunjukan RSUD Nabire sebagai rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 diputuskan sebelum RSUD Nabire bersiap. “Memang kita saat ditunjuk jadi RS rujukan oleh Kementerian Kesehatan, tanpa [lebih dulu] menyiapkan tetek bengeknya (detil hal-hal terkait yang dibutuhkan–ed). Syukur ada pesawat yang baru masuk untuk bantuan APD [dan alat] rapid test. Pelan-pelan Nabire sudah siap,” lanjutnya.

Kini RSUD Nabire sedang menunggu tambahan ventilator dari pusat, untuk menambah ventilator yang perangkat dasar di ICU RS itu. “Karena ini kan khusus penanganan korona, jadi kita butuh lebih lagi. Khususnya untuk antisipasi gejala yg hebat terkait sesak nafas,” kata Sayori.

Loading...
;

Di Jakarta, juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto menyatakan pemerintah pusat terus berkomitmen untuk memasok Alat Pelindung Diri (APD) bagi seluruh tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. Hal itu disampaikan Yurianto dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (6/4/2020).

“Kita prihatin masih ada juga sebagian tenaga kesehatan yang harus menderita penyakit ini dan kemudian gugur dalam melaksanakan tugasnya. Komitmen pemerintah tetap dan akan diperkuat dengan cara mendistribusikan terus menerus Alat Pelindung Diri sebagai bagian dari perlengkapan petugas kesehatan untuk melaksanakan tugasnya merawat pasien Covid-19,” kata Yurianto.

Ia meminta setiap RS rujukan Covid-19 berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan provinsi setempat, karena Dinas Kesehatan provinsi menjadi simpul distribusi seluruh APD dari pemerintah pusat. “Distribusi terus menerus akan kita lakukan berbasis kebutuhan masing-masing provinsi,” kata Yurianto.

Yurianto mengklaim hingga pekan lalu lebih dari 300.000 unit APD yang telah disalurkan pemerintah pusat ke Dinas Kesehatan provinsi di seluruh wilayah Indonesia. Pemerintah pusat telah mendistribusikan tambahah 85.000 unit APD untuk Dinas Kesehatan DKI Jakarta, 55.000 unit tambahan APD ke Jawa Barat, 25.000 unit APD ke Jawa Timur, 20.000 unit ke Jawa Tengah, 12.500 unit ke Bali, 10.000 ke DI Yogyakarta, 10.000 ke Banten, dan lebih dari 5.000 ke setiap daerah di luar Jawa dan Bali.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top