Follow our news chanel

Jadwal kampanye dan referendum Bougainville ditentukan

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Buka, Jubi – Orang-orang Bougainville akan memilih dalam referendum, Juni tahun ini, untuk memutuskan apakah ia akan tetap menjadi bagian dari Papua Nugini atau merdeka.

Pemerintah pusat telah menugaskan Komisi Referendum Bougainville (BRC), untuk merumuskan dan menentukan pertanyaan yang akan dipilih di kertas suara, dan jadwal tentatif terkait prosesi referendum.

Di lapangan, di Bougainville, sudah banyak persiapan dilakukan, termasuk program-program sosialisasi dan kegiatan lainnya, untuk membantu pemilih memahami apa yang harus mereka lakukan.

Berbagai kelompok dan komunitas dari seluruh Bougainville, secara terbuka menyatakan mereka siap untuk referendum.

Namun, meskipun pemerintah pusat juga sudah menyatakan referendum Bougainville sebagai agenda utama di tahun 2019 ini, Perdana Menteri Peter O'Neill mengklaim akan adanya ‘campur tangan dari luar’.

O'Neill tidak mengungkapkannya informasi apa-apa mengenai pihak mana dan siapa yang melakukan campur tangan itu, tetapi mengatakan upaya itu mungkin akan berisikan informasi yang salah, ia memperingatkan agar orang-orang Bougainville waspada.

Loading...
;

Dia menegaskan krusialnya komunikasi bagi semua orang di Bougainville dan daerah lainnya di PNG, untuk mengetahui masalah-masalah yang sedang dihadapi dan proses ke depan.

BRC telah menetapkan tanggal tentatif untuk referendum Bougainville 2019, dimana periode kampanye dimulai dari Selasa 16 April 2019 sampai Jumat 14 Juni 2019 tengah malam, sepanjang 61 hari. Sementara itu pemilihan akan bisa dilakukan dari Sabtu 15 Juni 2019 sampai Jumat 28 Juni 2019. Penghitungan suara dimulai Jumat 28 Juni 2019 pukul 18:00 dan diharapkan selesai dalam 21 hari pada 19 Juli 2019. (Post Courier)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top