Follow our news chanel

Jaga kebersihan bukit Tungkuwiri, pengunjung harus bawa pulang sampahnya

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Dalam aksi bersih-bersih yang dilakukan di bukit Tungkuwiri, Doyo Lama Kabupaten Jayapura, Sabtu (26/1/2019), ratusan anak muda yang tergabung dalam Bank Sampah Kenambai Umbai (BSKU) Kabupaten Jayapura serta Komunitas Papua Trada Sampah, dan Forum Anak Kabupaten Jayapura, berhasil mengumpulkan 314 kilogram sampah.

Dani, salah satu dari ratusan anak muda yang aktif dan peduli terhadap lingkungan ini, mengatakan kesadaran untuk mengurangi sampah dimulai dari diri sendiri.

"Sampah yang dibawa itu kita harus bawa pulang karena barang itu dia tidak pulang sendiri to," ucapnya, saat ditemui Jubi, disela-sela kegiatan.

Dani mengatakan untuk melakukan ini dimulai dari diri sendiri dengan gaya hidup sehat dan membuang sampah pada tempatnya.

"Kalian harus mengakui gaya hidup kalian," ucapnya.

Dani menjelaskan aksi bersih-bersih lingkungan ini tidak hanya sampai di sini namun akan berlangsung terus dan dimana saja.

Loading...
;

"Aksi ini tidak berakhir hari ini namun besok sampah pasti akan kembali ada lagi di tempat ini," kata pria yang akrab disapa Suku Dani ini.

Ia mengajak mereka yang hadir untuk mengunakan barang bisa digunakan satu kali untuk terus menerus seperti tempat air isi ulang dan tas/noken.

"Kalo begitu kalian harus gunakan botol yang bisa diisi airnya dan juga kantong plastik yang tidak sekali pake, kalau bisa pake noken agar hemat," jelas Dani.

Stefano, yang juga mengikuti kegiatan bersih-bersih bukit Tungkuwiri, mengatakan dalam sehari saja sampah begitu banyak hanya di satu tempat.

"Dari hasil kumpul ini, kebanyakan sampah daur ulang yang saya lihat, kalo sampah yang tidak bisa didaur ulang sedikit saja," ucapnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top