Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Jaksa Pinangki akhirnya jadi tersangka kasus suap Djoko Tjandra

Papua
Ilustrasi Suap - dok/Tempo

 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, jubi –  Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan jaksa Pinangki Sirnamalasari sebagai tersangka suap. Pinangki diduga menerima suap terkait dengan terpidana kasus korupsi Bank Bali, Djoko Tjandra.

Jaksa Pinangki akhirnya jadi tersangka kasus suap Djoko Tjandra 1 i Papua

“Benar (jaksa Pinangki ditetapkan tersangka suap),” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono, Rabu (12/8/2020) pagi tadi.

Tercatat sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Pinangki dicopot dari jabatan Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi 2 pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Kejagung. Ia terbukti melanggar disiplin karena bertemu dengan Djoko Tjandra di Malaysia pada 2019 lalu, yang saat itu status Djoko Tjandra terpidana dan buron selama sekitar 10 tahun.

Baca juga : Suami Jaksa terjerat kasus Djoko Tjandra ternyata perwira polisi

Jenderal polisi ini menjadi tersangka surat jalan Djoko Tjandra

Loading...
;

Lagi, keterlibatan jenderal polisi bantu kabur DJoko Tjandra

Pencopotan Pinangki berdasarkan surat keputusan Wakil Jaksa Agung No KEP-4-041/B/WJA/07/2020 tanggal 29 Juli 2020 tentang Penjatuhan Hukuman Disiplin Tingkat Berat Berupa Pembebasan dari Jabatan Struktural.

Catatan yang ada menyebut Pinangki sembilan kali berpergian ke luar negeri tanpa mendapat izin tertulis dari pimpinan meskipun kepergiannya menggunakan uang sendiri.

Sebelumnya, Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) menyerahkan dokumen dugaan gratifikasi yang diterima Pinangki terkait perjalanannya bertemu Djoko Tjandra di Malaysia kepada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus).

Selain itu, MAKI juga mengungkap satu nama pejabat tinggi lain di Kejagung yang sempat berkomunikasi dengan Djoko Tjandra saat masih buron di Malaysia. Komunikasi antara keduanya dilakukan melalui telepon setelah tanggal 29 Juni lalu, usai nama Djoko Tjandra bikin geger karena sempat memasuki Indonesia tanpa diketahui. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top