HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Jaksa tolak eksepsi dua terdakwa pembakar bendera

Terdakwa GB, satu dari dua terdakwa dugaan pembakaran bendera di Manokwari dikawal ketat aparat Kepolisian saat tiba di Pengadilan Negeri Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa)
Jaksa tolak eksepsi dua terdakwa pembakar bendera 1 i Papua
Terdakwa GB, satu dari dua terdakwa dugaan pembakaran bendera di Manokwari dikawal ketat aparat Kepolisian saat tiba di Pengadilan Negeri Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Manokwari, menolak seluruh materi keberatan (eksepsi) yang diajukan kuasa hukum dua terdakwa dugaan kasus pembakaran bendera di Manokwari.

Penolakan disampaikan Abdi Reza, JPU Kejaksaan Negeri Manokwari dalam agenda sidang mendengarkan tanggapan JPU terhadap eksepsi terdakwa, di Pengadilan Negeri Manokwari, Selasa (26/11/2019).

Jaksa tolak eksepsi dua terdakwa pembakar bendera 2 i Papua

Dikatakan Reza, alasan yang tertuang dalam materi eksepsi tidak berdasar, bahkan materi eksepsi yang disampaikan kuasa hukum para terdakwa telah masuk dalam ranah pokok materi perkara.

“Materi eksepsi yang diajukan kuasa hukum para terdakwa sudah masuk dalam materi perkara. Sedangkan saat ini masih dalam tahap pembacaan dakwaan, kata Reza.

Dia mengatakan, sesuai Pasal 156 Ayat 1 KUHAP, dijelaskan bahwa hanya ada tiga alasan penolakan terhadap dakwaan JPU. Sementara materi eksepsi yang diajukan kuasa hukum para terdakwa tidak dapat membatalkan dakwaan JPU.

“Pasal 156 ayat 1 KUHAP menyatakan bahwa hanya tiga alasan untuk batalkan dakwaan JPU yaitu eksepsi  tidak berwenang mengadili, eksepsi dakwaan tidak dapat diterima, dan eksepsi surat dakwaan harus dibatalkan atau batal demi hukum karena tidak memenuhi syarat materil,” ujar Reza.

Loading...
;

Hakim Ketua, Saptono akhirnya menunda sidang tersebut untuk dilakukan musyawarah para hakim terhadap meteri sidang tersebut untuk pengambilan keputusan sela pada sidang berikut.

“Kami sudah terima tanggapan JPU atas eksepsi para terdakwa. Sidang akan dilanjutkan pekan depan 3 Desember 2019 dengan agenda putusan sela atas perkara ini,” ujarnya

Pada agenda sidang sebelumnya, Metuzalak Awom, kuasa hukum terdakwa GB dan II, mengajukan eksepsi terhadap isi materi dakwaan JPU dengan alasan tidak cermat dan batal demi hukum.

Pantauan Jubi, seperti sidang sebelumnya, suasana di luar ruang sidang hingga halaman kantor Pengadilan Negeri Manokwari dijaga ketat aparat dari Satuan Brimob Polda Papua Barat. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.