Follow our news chanel

Jangan lupakan jasa tokoh adat dalam sejarah pekabaran Injil

Pengunjung Pulau Mansinam saat perayaan 164 Tahun Pekabaran Injil, dua pekan lalu – Jubi/Hans A Kapisa
Jangan lupakan jasa tokoh adat dalam sejarah pekabaran Injil 1 i Papua
Warga merayakan sejarah pekabaran Injil di Tanah Papua di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat – Jubi/Hans A Kapisa.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Sejarah penyebaran Injil di Tanah Papua, tidak bisa dilepaskan dari peranan para tokoh adat dan pemuka masyarakat setempat. Salah satu kontribusi terbesar mereka ialah merestui aktivitas misionaris bahkan merelakan lahan ulayat mereka digunakan untuk kepentingan penyebaran ajaran Kristen.

“Para ondoafi, tonowi, sonowi, dan kepala suku membolehkan para misionaris menyiarkan agama (Kristen). Jadi, mereka turut berjasa dalam sejarah Gereja (di Tanah Papua),” kata mantan anggota DPR Papua Jhon NR Gobai kepada Jubi, melalui telepon, Kamis (6/2/2020).

Para tokoh adat dan pemuka masyarakat juga menjadi fasilitator atau penghubung antara misionaris dan warga setempat. Tidak hanya itu, mereka ada yang menjadi penerjemah, juru masak, porter hingga petunjuk jalan dalam misi pekabaran Injil di Tanah Papua.

“Maka, jangan pernah melupakan jasa-jasa mereka sebagai perintis (penyebaran Injil di Papua). Pemerintah serta pihak Gereja harus mengapresiasi dan memberi penghargaan kepada mereka, dengan cara melestarikan dan mengembangkan adat Papua,” jelas Gobai.

Sekretaris Suku Yerisiam Gua Robertini Hanebora menganggap masih perlu persamaan persepsi untuk mengkaji peranan tokoh adat dan pemuka masyarakat dalam pekabaran Injil. Namun, pada prinsipnya dia setuju terhadap usul pemberian penghargaan dari pihak pemerintah maupun Gereja.

“Saya pikir harus (ada penghargaan). Itu sebagai penghormatan dan rasa terima kasih kepada mereka,” kata Hanebora. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top