Follow our news chanel

Jarak tempuh paling dekat 15 kilometer, pelintas batas ke Sota dengan jalan kaki

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Merauke, Jubi – Pelintas batas asal negara Papua Niugini  harus menempuh jarak minimal 15 kilometer untuk sampai ibukota Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

“Ada satu kampung di negara PNG yang paling dekat. Belum dengan kampung lainnya yang sangat jauh. Namun, warga dari negara tetangga itu, tetap datang membawa hasil alamnya untuk dijual,” kata Kapolsek Sota, Iptu Maaruf kepada Jubi, Kamis (9/2/2017).

Oleh karena perjalanan pulang jauh, kata Maaruf mereka tidak langsung balik ke negara asalnya.

“Mereka berstirahat satu, dua hari di Sota, baru kembali  dengan membawa beberapa kebutuhan seperti beras, minyak goreng dan lain-lain,” katanya.

Maaruf mengungkapkan, para pelintas batas itu membawa dagangannya berupa tanduk rusa, ikan serta beberapa hasil alam lainnya.

“Setiap hari,  warga PNG yang datang di Sota sekitar 7-8 orang. Umumnya mereka berjalan kaki. Hanya satu-dua orang mendayung sepeda dengan membawa hasil alamnya untuk dijual,” ungkap dia.

Loading...
;

Kepala Distrik Sota, Mike Walinaulik menambahkan, warga  Papua Niugini biasa masuk negara Indonesia dengan menggunakan kartu pelintas batas.

“Setelah hasil bumi mereka jual, uangnya digunakan membeli beberapa kebutuhan pokok dari Indonesia. Itu sudah menjadi kebiasaan  dari waktu ke waktu,” tuturnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top