Jatim juara umum cabor gulat PON XX Papua

Pegulat Jatim yang berlaga di PON XX Papua
Para pegulat putra dan putri Jatim yang bertarung dalam laga PON XX Papua – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Kontingen Jawa Timur menjadi juara umum cabang olahraga (cabor) gulat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang digelar di Kabupaten Merauke, setelah meraih tujuh medali emas, enam perak, dan dua perunggu.

Urutan kedua adalah Kalimantan Timur 4 emas, 2 perak, serta 6 perunggu. Urutan ketiga ditempati Jawa Barat dengan 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Peringkat berikutnya adalah Kalimantan Selatan dengan 2 emas dan 4 perunggu.

Sementara kontinge Papua berada di peringkat kelima dengan 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Banten di peringkat berikutnya dengan 1 emas, DKI Jakarta 1 emas, Sumatera Barat 1 perunggu, Jambi 1 perak, Jawa Tengah 1 perak, dan Bengkulu 1 perunggu.

Baca juga: Persembahan emas terakhir pegulat Jatim sebelum pensiun

Ketua Kontingen Jawa Timur, Rakhman, saat ditemui sejumlah wartawan, Kamis (14/10/2021), mengatakan raihan medali emas yang ditargetkan KONI Jatim telah terlampaui.

“Dari KONI hanya menargetkan enam emas. Namun tadi sore ada tambahan satu emas lagi dari Lulut Saputra yang turun di kelas 86 kg,” ujarnya.

Loading...
;

Dikatakan, sejarah tercatat dalam perolehan medali kali ini. Karena dalam PON sebelumnya medali yang diraih jumlahnya tidak sampai belasan. Saat PON di Riau, Jatim malah tidak bisa meraih medali emas. Saat PON Jabar, kontingen Jatim meraih empat emas.

“Nah di PON XX Papua ini baru kami bisa menorehkan sejarah baru. Dimana tujuh medali emas didapatkan, termasuk perak dan perunggu. Sehingga total medali yang dibawa pulang sebanyak 16,” ujarnya.

Dia mengaku bangga dan sangat puas dengan semangat dan perjuangan para pegulat saat bertarung di atas matras. Itu juga berkat semangat dan dukungan dari seluruh masyarakat di Jawa Timur.

“Atas nama ketua kontingen, saya menyampaikan terima kasih atas peraihan medali emas, perak, dan perunggu yang sangat banyak ini,” katanya.

Baca juga: 4 kali ikut PON, pegulat Kaltim selalu raih emas

Pelatih gulat Jatim, Fathur Rahman, menyampaikan terima kasih atas perjuangan atlet yang bermain habis-habisan menantang lawan di atas matras. Ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri.

“Terima kasih untuk support yang begitu tinggi dari seluruh masyarakat di Jawa Timur sehingga kita bisa pulang dengan membawa medali emas, perak, dan perunggu,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pertandingan cabor gulat berlangsung selama kurang lebih dua pekan di GOR Hiad Sai, Merauke. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top