Jayapura dan Merauke Daerah Percontohan Survei Pengendali Inflasi Harian

Bank Indonesia - IST
Bank Indonesia – IST

Jayapura, Jubi – Dua kota di Papua, Jayapura dan Merauke akan menjadi daerah percontohan Survei Pengendali Inflasi harian Bank Indonesia. Survei akan dilakukan Bank Indonesia bersama Unipa dan LP2KP Papua Mandiri mulai Juli 2016.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Joko Supratikto mengatakan, sementara survei hanya dilakukan di dua kota tersebut. Selanjutnya akan ada di seluruh daerah di Papua yang memiliki Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

“BI akan membentuk tim survei pengendali inflasi yang akan bekerja tiap hari untuk memantau harga-harga di pasaran, seperti di Nabire, Timika, Merauke, dan Kota Jayapura, tapi untuk sementara di dua kota itu dulu,” ujarnya.

Survei harian, kata Joko, penting untuk memantau inflasi. Ada dua faktor besar dalam peningkatan inflasi daerah, distribusi dan ketersedian stok. Di Papua 80 persen inflasi disebabkan distribusi barang berasal dari Pulau Jawa.

“Untuk mengendalikan inflasi, ke depan kami akan kerjasama dengan berbagai daerah di Papua untuk pencukupan stok per daerah sehingga daerah bisa saling mengisi ketersedian stok di dalam daerah,” katanya.

Vira, penjual daging, mengaku sangat terbantu dengan survei karena bisa mengetahui fluktuasi harga di Papua. “Kita juga membantu memberikan informasi yang baik demi kepentingan seluruh masyakat,” katanya.

Sementara, Badan Pusat Statistik Papua dalam rilis minggu lalu menyebutkan, Juli 2016 kedua kota, Jayapura dan Merauke, mengalami deflasi -1,10 persen dan -0,09 persen.

Loading...
;

Namun laju inflasi Year on year Jayapura (Juli 2016 terhadap Juli 2015) sebesar 3,56 persen, lebih tinggi dibanding nasional 3,21 persen. Sedangkan Merauke 5,77 persen, jauh lebih tinggi dari inflasi nasional. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top