Follow our news chanel

Jayawijaya berlakukan pembatasan aktivitas dan penyemprotan disinfektan

Pertokoan di Wamena yang mulai tutup sejak pukul 14.00 WP sesuai instruksi bupati hingga 9 April 2020. -Jubi/Islami
Jayawijaya berlakukan pembatasan aktivitas dan penyemprotan disinfektan 1 i Papua
Pertokoan di Wamena yang mulai tutup sejak pukul 14.00 WP sesuai instruksi bupati hingga 9 April 2020. -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Bupati Jayawijaya telah mengeluarkan instruksi bagi seluruh instansi, pelaku usaha dan masyarakat di Kota Wamena dan sekitarnya untuk melakukan pembatasan aktivitas terhitung 26 Maret 2020.

Pelaksana Tugas Sekda Jayawijaya, Tinggal Wusono mengatakan, instruksi bupati ini berlaku bagi para pelaku usaha baik di pertokoan, kios, pasar, rumah makan, dan kafe agar beraktivitas pukul 06.00 WP hingga pukul 14.00 WP.

Sedangkan bagi pedagang makanan tradisional khusus mama-mama dan pedagang gerobak/tenda hanya diperbolehkan membuka usahanya sejak 12.00 WP hingga pukul 16.00 WP.

“Begitu juga aktivitas becak, tukang ojek dan supir angkot, taksi, karena mobilitas masyarakat perlu juga dilayani kita berikan waktu dari pukul 6 pagi sampai 4 sore,” katanya kepada wartawan di Wamena, Jumat (27/3/2020).

Kata dia, dalam melakukan penertiban ini, tentunya tidak bisa dijalankan sendiri oleh pemerintah daerah, sehingga atas dasar komunikasi bersama antara bupati dan kapolres dan dandim, nantinya akan dilakukan penertiban baik itu oleh kepolisian, TNI dan Satpol PP.

“Bagi pelaku usaha ketika tidak ikuti anjuran tersebut, pemda berikan sanksi pencabutan izin usaha ketika memang proses instruksi ini tidak dijalankan secara baik. Karena bagaimana pun kita lebih mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat daripada kita mengambil keuntungan dari proses ekonomi itu sendiri,” katanya.

Loading...
;

Di sisi lain, pemerintah daerah juga dalam beberapa hari ini telah dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh perkantoran, fasilitas umum maupun ruas jalan di kota Wamena.

“Sesuai instruksi bupati sudah melakukan penjadwalan untuk penyemprotan disinfektan untuk tempat-tempat ibadah, fasilitas umum dan kami juga mengimbau keterlibatan seluruh masyarakat untuk bisa membantu dalam proses penyemprotan ini,” katanya.

Sementara itu, Wakapolres Jayawijaya, Kompol Leonardo Yoga yang ditemui saat penyemprotan disinfektan di Mall Wamena mengatakan, instruksi bupati mengenai pembatasan operasional waktu aktivitas masyarakat sehari-hari, hal itu terus diimbau secara bersama-sama ke seluruh instansi.

“Baik TNI-Polri dan pemerintah daerah terlibat semua, karena ini bukan untuk kepentingan satu dua orang sehingga penertiban sesuai apa yang telah diinstruksikan untuk menjaga kesehatan bersama,” kata Leonardo Yoga.

Untuk pelaksanaan penyemprotan disinfektan di sejumlah rumah ibadah, fasilitas umum lainya, kata wakapolres, kepolisian bersinergi dengan TNI maupun pemda terus melakukan upaya tersebut.

“Kita dibagi menjadi tiga tim hari ini, satu tim terdiri dari 10 orang gabungan dari Polres, Kodim 1702/Jayawijaya, Batalyon 756/WMS dan juga Dinas Kesehatan,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top