TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Jayawijaya siap menyambut kirab api PON XX Papua

Rapat persiapan pelaksanaan kedatangan kirab api PON XX Papua di ruang rapat Sekretariat Daerah Jayawijaya. -Jubi/Islami

Papua No.1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengatakan pemerintah daerah siap menyambut pelaksanaan kirab api PON XX Papua yang akan dilaksanakan 29 September 2021.

Kirab api PON XX Papua akan singgah di Wamena sebagai perwakilan wilayah Lapago, di mana api PON nantinya akan bermalam di Wamena. Untuk mengecek persiapannya, Rabu (15/9/2021), pemerintah daerah bersama forkopimda dan panitia pelaksana melakukan rapat persiapan di kantor bupati.

“Setelah berkoordinasi dengan forkopimda dan semua pihak maupun event organizer yang menangani kirab nantinya, 29 September akan diterima lalu bermalam, dan 30 September akan dilepas kembali menuju Merauke,” kata Banua.

Untuk memantapkan lagi, di H-7 akan dilakukan gladi kotor dan H-1 gladi bersih penjemputan api PON, sesuai dengan rute yang ditetapkan. Selain itu pelaksanaannya nanti, akan tetap mematuhi protokol kesehatan dimana akan melibatkan tim kesehatan untuk mengawasi jalannya pelaksanaan kirab api PON XX Papua.

“Warga yang ingin menyaksikan juga diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, menggunakan masker dan tidak berkerumun. Untuk pembiayaannya, seluruhnya menjadi tanggung jawab PB PON Papua,” katanya.

“Pada kirab api PON ini juga ada pameran seni budaya, beberapa hiburan sampai pelepasan kembali ke Merauke.
Jayawijaya juga telah dipersiapkan untuk memamerkan hasil kerajinan tangan di ajang PON nanti, namun hanya di saat pembukaan dan penutupan saja, sehingga kami meminta ke PB PON agar stan khusus Jayawijaya dapat berlangsung selama pegelaran PON,” kata bupati.

Sementara itu, panitia event organizer kirab api PON XX Jayawijaya, Leonard menyebut api PON akan tiba di Wamena pada 29 September 2021 siang, setelah perjalanan dari Timika.

“Setibanya di Bandara Wamena, akan dilakukan serah terima oleh Kepala UPBU Wamena dan Lanud Wamena, lalu api PON akan diarak keliling Kota Wamena dengan melibatkan sejumlah atlet nasional seperti Benny Elopere, Yan Yogobi, Perina Karoba dan legenda bulu tangkis Hariawan Susanto.” (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us