Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Jayawijaya siapkan pemandu wisata jelang FBLB dan PON

Jayawijaya siapkan pemandu wisata jelang FBLB dan PON 1 i Papua
Para pengunjung dan wisatawan saat menyaksikan FBLB 2018-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, Alpius Wetipo mengatakan, selama ini pihaknya belum memiliki data terkait jumlah pemandu wisata di Jayawijaya.

Untuk itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat tengah mempersiapkan tenaga-tenaga pemandu wisata, untuk persiapan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) awal Agustus nanti serta menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jayawijaya.

Pada Rabu (22/5/2019), pihaknya kami sudah menggelar pelatihan bagi para pemandu wisata yang berjumlah sekitar 70-an peserta “Diharapkan pemandu wisata ini dapat terdaftar dan mudah terpantau,” kata Wetipo kepada wartawan di Wamena, Kamis (23/5/2019).

Menurut dia, hal ini juga diperlukan sebagai upaya dilakukan pendataan untuk mempersiapkan para pemandu wisata yang akan ikut diturunkan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan PON 2020, karena Jayawijaya juga menjadi salah satu tuan rumah untuk tiga cabang olahraga.

“Diharapkan para pemandu wisata ini nantinya dapat menjadi rekan bagi wisatawan yang ingin mengetahui objek-objek wisata yang ada di Jayawijaya,” kata Wetipo.

Kepala bidang destinasi dan pemasaran pariwisata dinas kebudayaan dan pariwisata Jayawijaya, Naftali Rumbiak mengaku para pemandu wisata yang dilatih tersebut nantinya akan tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) cabang Wamena.

“Kalau mereka sudah bergabung otomatis kita punya data dan mereka ini juga kita akan bekali sertifikat dan kartu identitas jadi mereka akan diakui sebagai binaan dari Dinas Pariwisata,” ujar Rumbiak.

Loading...
;

Hal ini guna menghindari jika suatu waktu terjadi komplain dari wisatawan dapat dengan mudah dilacak. Sedangkan untuk yang tidak punya kartu pengenal akan berurusan langsung dengan pihak keamanan.

Kalau dia anggota maka akan dilindung di bawah dinas dan HPI. Dan pemandu wisata ini merupakan mahasiswa dari sejumlah perguruan/sekolah tinggi yang ada di Jayawijaya, masyarakat umum yang ingin menggunakan bahasa Inggrisnya untuk menjadi seorang pemandu wisata,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top