Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Jayawijaya siapkan regulasi untuk akses data pemda

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Wamena, Jubi – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayawijaya akan menyiapkan suatu regulasi dan perangkat untuk publik, yang ingin mendapatkan data dari pemerintah daerah setempat.

Hal itu mulai dilakukan dinas komunikasi dan informatika Jayawijaya dengan melakukan seminar Penyusunan Data Informasi Pembangunan (PDIP), Laju Perkembangan Perekonomian (LPP) dan Analisa Situasi Pembangunan Manusia (ASPM) Kabupaten Jayawijaya kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Bupati telah mengeluarkan SK terkait penggelolaan informasi dan dokumen pemerintah daerah. Dimana, setiap data atau informasi yang akan dikeluarkan OPD kepada masyarakat, tidak lagi sebebas dahulu, sehingga perlu adanya pendampingan bagi OPD yang ada,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jayawijaya, Isak Sawaki kepada wartawan disela-sela seminar, Senin (29/10/2018) di salah hotel di Wamena.

Ia mengatakan permintaan data pemerintah akan melalui proses yang melewati bupati dan wakil sebagai pembina utama, sekda sebagai pengarah yang dibantu dewan pertimbangan atau pimpinan OPD.

"Jadi ke depan orang tidak akan minta data, dokumen apapapun dari pemerintah secera bebas seperti yang selama ini terjadi, harus melalui persetujuan kepala daerah," katanya.

Ia menjelaskan, OPD yang ada akan mengelola server data yang sementara dibangun di masing-masing OPD dan dikoneksikan dengan server induk di kominfo.

Loading...
;

“Ada syarat-syarat dalam pemberian data, baik yang bersifat publik maupun bersifat pengecualian. Saat ada permintaan data, pengelola server OPD sampaikan dahulu permintaan itu kepada kominfo, nanti kami akan pertimbangkan, apakah ini harus dilayani atau tidak," katanya.

Staf ahli Bupati Jayawijaya, I Made Putra mengungkapkan, nantinya hal ini untuk memverifikasi data-data dari setiap OPD, sehingga data tersebut menjadi data yang akurat dan mutakhir yang kelak menjadi data informasi pembangunan daerah yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

“Sistem informasi pembangunan daerah berfungsi sebagai jejaring dalam pengumpulan data secara terpadu, realtime dan online di pusat dan di daerah, dengan menggunakan teknologi informasi sebagai dukungan dalam perencanaan program dan kegiatan, serta evaluasi pembangunan daerah secara rasional,” katanya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top