Jelang Pemilu Fiji, Partai NFP yakin masuk parlemen

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Partai Federasi Nasional (NFP) adalah partai politik tertua di Fiji. Didirikan tahun 1968, NFP telah berhasil melewati empat kudeta dan menghadapi kemenangan maupun kekalahan, tetapi tidak pernah keluar dari Parlemen, setelah mengamankan tiga kursi di Parlemen Nasional pada pemilu 2014 (FijiFirst dominasi 32 kursi, SODELPA memenangkan 15).

Seorang profesor ekonomi, Biman Prasad, dulunya merupakan dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomi di Universitas Pasifik Selatan, adalah pemimpin yang bertanggung jawab atas NFP sejak mengambil alih pada tahun 2014.

Dia dan NFP diperkirakan akan memiliki pengaruh politik dalam pemerintahan berikutnya, jika partainya memenangkan sebanyak 10 kursi di Parlemen 50 kursi itu – seperti yang diprediksi beberapa pakar. Ketika ditanyai, Prasad tetap menutup mulut dan tidak membeberkan informasi apa pun.

“Hal itu mungkin saja terjadi, tapi yang utama, kami ingin menjadi partai utama. Saya telah mempelajari perjanjian yang dimiliki Winston Peters di Selandia Baru dengan Partai Buruh,” kata bekas akademisi itu.

“Kami berharap bisa memenangkan cukup banyak kursi, jika tidak bisa mendapatkan kursi mayoritas. Kami harus tetap bersikap realistis, karena kami hanya mendapat tiga kursi dalam pemilihan terakhir, namun hal-hal aneh bisa saja terjadi dalam politik.”

“Mungkin saja kami tidak akan memerlukan partai lain. Kami telah mengatakan sebelumnya, bahwa kami berjuang sendiri untuk pemilihan ini. Mengenai koalisi, Anda bisa bertanya pada partai lainnya, siapa yang akan mereka dekati.”

Loading...
;

Prasad bersikeras bahwa keputusan NFP yang telah mengumumkan beberapa kandidatnya terlalu awal itu, sesuai rencana mereka.

“Kami adalah satu-satunya partai yang telah mengumumkan hampir semua kandidat kami. Kami melakukan hal ini cukup awal, dan kami juga telah mengumumkan kebijakan-kebijakan utama kami.”

Salah satu kebijakan luar negeri kunci NFP, yang diumumkan minggu lalu, adalah dukungannya terhadap perjuangan kemerdekaan Papua Barat. Prasad juga prihatin tentang utang Fiji yang terus menggunung. (Asia Pacific Report)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top