Follow our news chanel

Jelang pilkada, pjs bupati minta aparat cegah potensi konflik

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Pejabat sementara (Pjs) bupati Jayawijaya, Doren Wakerkwa meminta aparat keamanan dapat mencegah potensi-potensi konflik yang akan terjadi, sehingga dapat mengacaukan pesta demokrasi tahun ini.

"Kejadian di Wouma dan Welesi sudah kami selesaikan, mengingat pelaksanaan pilgub dan pilkada sudah dekat, sehingga potensi konflik sekecil apapun harus ditindak agar tidak terjadi," kata Doren baru-baru ini di Wamena.

Menurutnya kejadian yang terjadi antara warga di Welesi dan Wouma itu dipicu dari aksi kriminal murni yang berujung bentrok. Karena itu,  tak boleh lagi ada hal seperti ini menjelang pelaksanaan pilkada, warga juga diminta untuk lebih bijak dalam memanggapi isu-isu yangg berkembang agar tidak terprovokasi.

"Kalau tidak aman pilkada ini bisa dijadikan PSU dan sudah pasti penilaiannya pemerintah gagal, sehingga kami harapkan harus ada kebijakan untuk melihat hal-hal seperti ini," ujarnya.

Khusus  untuk masalah Wouma dan Walesi, apabila ada oknum-oknum yang mencoba memprovokasi masyarakat kembali, maka ia meminta aparat untuk menindak mereka dengan tegas.

"Kami sudah sepakat untuk melakukan patroli gabungan di sana,  menindak segala bentuk yang bisa menimbulkan konflik dengan masyarakat," katanya.

Loading...
;

Mendukung pelaksanaan pilkada Jayawijaya dan pilgub Papua, Kodim 1702/Jayawijaya telah menyiapkan 200 hingga 300 personil karena setiap tempat pemungutan suara (TPS) nanti itu akan di tempatkan dua personil untuk pengamanan.

Dandim 1702/Jayawijaya, Letkol Inf Lukas Sadipun mengakui untuk personil TNI sudah disiapkan namun dengan teritorial yang begitu luas, maka fungsi dari Satpol PP dan Linmas juga harus diikut sertakan dalam pengamanan pilkada, sebab di Jayawijaya saja ada 500 lebih TPS sehingga harus banyak personil yang dibutuhkan.

"Di pegunungan tengah Papua untuk daerah Kodim 1702/Jayawijaya hampir delapan kabupaten, sehingga persiapan untuk anggota juga harus banyak yang difungsikan," kata Dandim. (*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top