TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Jelang PON XX Papua, masyarakat bersihkan Dermaga Yahim

Pembersihan Sampah Dermaga Yahim, Papua
Masyarakat membersihkan sampah di perairan Dermaga Yahim. - Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Masyarakat Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani bergotong royong membersihkan sampah di areal Dermaga Yahim. Pembersihan Dermaga Yahim itu dilakukan untuk menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua di Kabupaten Jayapura pada Oktober mendatang.

Darmaga Yahim merupakan dermaga poros transportasi masyarakat adat yang bermukim di Danau Sentani. Dermaga itu menjadi tumpuan transportasi danau warga Kampung Babrongko, Simporo, Kameyakha, Atamali, Abar, Putali, Kensio, Yoboi, Hobong, Ifale, dan Ifar Besar yang ingin bepergian ke Kota Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura. Meskipun Dermaga Yahim sangat ramai, namun perairan dermaga itu kotor dengan tumpukan sampah.

Kepala Distrik Sentani, Yohanes Erol Daisiu mengatakan, tumpukan sampah di areal dermaga Yahim akibat minimnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Ia menyatakan sampah yang terkumpul dan mengapung di perairan Dermaga Yahim merupakan sampah warga kawasan perkotaan Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Papua, maupun sampah warga pesisir Danau Sentani.

Baca juga: Pengadaan bak sampah di Dermaga Yahim bukan tugas Dinas Lingkungan Hidup

Penumpukan sampah di Dermaga Yahim juga dipengaruhi cuaca angin timur yang kencang, sehingga banyak sampah dari arah Sentani Timur yang terbawa arus hingga ke Dermaga Yahim. Selain itu, juga sampah masyarakat perkotaan yang segaja dibuang ke bantaran sungai yang bermuara ke Danau Sentani.

“Kebersihan lingkungan ini bukan hal yang baru disuarakan. Dermaga Yahim itu sudah sering dibersihkan oleh masyarakat, baik yang tinggal dekat dengan dermaga, maupun bakti sosial seperti yang dilakukan saat ini. Dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan perduli terhadap lingkungan sekitarnya, ” ujar Daisiu di Sentani, Senin  (9/8/2021).

Menurut Daisiu,  Kabupaten Jayapura akan segera dikunjungi ribuan tamu PON XX Papua. Ia yakin banyak tamu PON akan mengunjungi Danau Sentani, salah satu danau terbesar di Papua. Dengan demikian, akan ada banyak tamu PON yang menyinggahi Dermaga Yahim.

“Lingkungan di mana kita tinggal dan beraktifitas akan terasa aman dan nyaman ketika lingkungan tersebut bersih. Apalagi akan ada tamu yang datang kesini,” kata Daisiu.

Menurutnya, Pemerintah Distrik Sentani telah membangun belasan tempat pembuangan sampah sementara. Ia menjelaskan setiap kampung juga telah memiliki anggaran tambahan untuk kebersihan lingkungan masing-masing.

Daisiu juga berharap Pemerintah Kampung Yahim dan pemerintah kampung yang lain memperhatikan kebersihan lingkungan di Dermaga Yahim. Apalagi seluruh masyarakat adat Danau Sentani memanfaatkan dermaga itu sebagai akses penyeberangan menuju pulau di pesisir Danau Sentani.

Baca juga: Dermaga Yahim penuh sepeda motor, penumpang mengeluh

“Tidak mungkin orang dari luar yang mau datang bersihkan lingkungan kita. Kebersihan dermaga sebagai tempat fasilitas layanan masyarakat umum harus benar-benar diperhatikan. Sehingga, setiap tamu yang datang kesini akan membawa kesan yang baik ketika [pulang],” ucapnya.

Salah satu masyarakat Kampung Yahim, Yosep Felle mengaku penumpukan sampah terjadi di Dermaga Yahim akibat angin timur yang kencang. Ia juga mengeluhkan sampah yang terbawa aliran sejumlah sungai yang bermuara di Danau Sentani, khususnya empat sungai besar di dekat Dermaga Yahim.

“[Jika] datang musim angin timur dan hujan deras, pasti sampah menumpuk di dermaga. Hari ini banyak masyarakat di bawah koordinasi pemerintah distrik dan kelurahan yang peduli untuk membersihkan lokasi dermaga dari tumpukan sampah,” kata Felle. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us