Follow our news chanel

Previous
Next

Jembatan Manokwari-Mansinam untuk seluruh warga di tanah Papua

Wakil menteri PUPR, John Wempi Wetipo didampingi Gubernur Dominggus Mandacan, saat meninjau lokasi rencana proyek jembatan Manokwari-Mansinam. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).
Jembatan Manokwari-Mansinam untuk seluruh warga di tanah Papua 1 i Papua
Wakil menteri PUPR, John Wempi Wetipo didampingi Gubernur Dominggus Mandacan, saat meninjau lokasi rencana proyek jembatan Manokwari-Mansinam. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

 Manokwari, Jubi – Wakil menteri PUPR, John Wempi Wetipo (JWW), mengatakan manfaat dari rencana proyek pembangunan jembatan penghubung kota Manokwari dan pulau Mansinam, tak hanya untuk orang di wilayah Manokwari Papua Barat saja, tapi untuk seluruh orang di tanah Papua.

Dalam kunjungan kerjanya ke Manokwari, JWW didampingi Gubernur Dominggus Mandacan meninjau dua titik lokasi yaitu di Kampung Inggandi (Manokwari Timur) dan di pulau Mansinam. Dua titik lokasi yang ditinjau selanjutnya akan dikaji oleh Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) untuk melengkapi dokumen perencanaan.

“Pastinya, jembatan Manokwari-Mansinam bukan saja untuk orang Papua Barat tapi untuk semua orang di atas tanah Papua. Jadi, kami tinjau dulu lokasinya yang paling dekat minimal 1 kilometer, dan maksimal 2 kilo meter. Kedatangan kami ini juga dengan Balitbang pusat yang akan melakukan kajian terlebih dahulu,” kata JWW kepada wartawan di Manokwari, Senin (10/2/2020).

Dikatakan JWW, tahun 2020 adalah tahap kajian untuk studi kelayakan. Hasil kajian inilah akan menentukan nilai (rupiah) yang dibutuhkan untuk tahap konstruksi hingga penyelesaian.

“Jika kajian tuntas tahun ini, maka diperkirakan pembangunan jembatan Manokwari-Mansinam hanya dua tahun sudah bisa rampung,” katanya.

Sementara, Gubernur Dominggus Mandacan mengatakan bahwa Pemerintah Papua Barat akan mendukung program pusat melalui kementerian PUPR dalam pembangunan jembatan Manokwari-Mansinam.

Loading...
;

Mandacan pun tak menampik, bahwa pro-kontra pasti ada dalam rencana pembangunan jembatan Manokwari-Mansinam. Namun hal itu merupakan dinamika pembangunan yang harus dihadapi.

“Ada saja pro-kontra, tapi misi besar Pembangunan adalah untuk kesejahteraan masyarakat. Dinamika yang terjadi dimasyarakat adalah motivasi dan koreksi, tapi program dan tujuan Pemerintah tetap berjalan,” kata Mandacan.

Mandacan juga mengaku bahwa akan melakukan pertemuan dengan pihak yang kontra dengan rencana pembangunan jembatan Manokwari-Mansinam.
“Saya sudah dengar ada yang protes soal itu. Tapi saya akan bertemu dengan mereka untuk sama-sama cari solusi,” kata Mandacan. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top