Jhon R Banua resmikan 3 ruang kelas baru SD Banua Korem

SD di Jayawijaya, Papua
Bupati Jayawijaya, Jhon R Banua saat meresmikan tiga ruang kelas SD Negeri Banua Korem, Sabtu (10/7/2021). -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua pada Sabtu (10/7/2021) meresmikan tiga ruang kelas baru SD Negeri Banua Korem di Kampung Hukulagi, Distrik Muliama, Jayawijaya, Papua. Ruang kelas baru itu diharapkan dapat menunjang Kegiatan Belajar Mengajar atau KBM di sana.

Jhon Richard Banua menyebut SD Negeri Banua Korem berawal dari tiga ruang kelas yang dibangun warga secara swadaya. Sekolah itu didirikan karena anak-anak Kampung Hukulagi harus bersekolah di SD Inpres Holkima yang jauh, dan hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki melintasi perbukitan.

Banua menyatakan dirinya pernah mengunjungi SD Negeri Banua Korem saat ia masih menjadi Wakil Bupati Jayawijaya. Saat, warga Kampung Hukulagi meminta Pemerintah Kabupaten Jayawijaya membangun ruang kelas yang baru.

“Kami sudah lakukan pembangunan gedung baru pada 2020. Hari ini barulah anak-anak kita, khususnya kelas VI,  baru tamat,” ujar Banua yang menyatakan pihaknya akan siap membantu kebutuhan lain SD Negeri Banua Korem itu.

Baca juga: Kepala SMP di Jayawijaya ikuti simulasi pembelajaran tatap muka

Ia berharap pembangunan ruang kelas permanen itu akan membantu pelayanan pendidikan di Kampung Hikulagi dan sekitarnya. Banua meminta pengurus, kepala sekolah, dan guru yang ada melaksanakan KBM dengan baik. “Yang terpenting sekolah ini jalan dulu, dan setahun ini saya akan lihat pendidikan di SD Negeri Banua Korem ini berjalan baik atau tidak,” katanya.

Kepala SD Negeri Banua Korem, Emaus Elopere menuturkan selama ini sekolahnya hanya memiliki tiga ruang kelas yang dibangung warga secara swadaya pada 2016. Itu membuat sekolah hanya bisa membuat tiga rombongan belajar bagi anak-anak dari Kampung Hukulagi, Hilabaga dan Kewin.

Loading...
;

Dengan adanya tiga ruang kelas baru yang dibangun pemerintah, Elopere menyatakan pihaknya kini bisa membuat enam rombongan belajar, mulai dari kelas I hingga kelas VI SD. Ia menyatakan pada tahun ajaran 2020/2021, SD Negeri Banua Korem telah meluluskan 12 murid kelas VI. Saat ini, sekolah itu memiliki 160 murid.

“Sekolah ini ada peran serta warga tiga kampung, yaitu Kampung Hukulagi, Hilabaga dan Kewin. Sejak awal dibangun 2016, siswa sekolah hanya sampai kelas III. [Setelah] itu siswa ditarik ke SD Inpres Holkima, sebagian lainnya [melanjutkan sekolah] di SD Inpres Muliama,” kata Elopere.

Ia jelaskan sekolah SD Negeri Banua Korem memang berada di tengah perbukitan yang bergunung-gunung, sehingga susah dijangkau. “SD Negeri Banua Korem ini memang termasuk daerah yang susah dijangkau pendidikan. Kami pikir sumber daya manusia [kami] harus maju,” kata Elopere. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top