Follow our news chanel

Jika mengacu sepuluh syarat ibu kota baru Indonesia, Papua tidak akan terpilih

Foto ilustrasi - pixabay.com
Jika mengacu sepuluh syarat ibu kota baru Indonesia, Papua tidak akan terpilih 1 i Papua
Foto ilustrasi – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Elit politik Indonesia di Jakarta tengah sibuk membahas rencana kepindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta yang diperkirakan akan menelan biaya Rp466 triliun. Wakil Presiden Jusuf Kalla turut bersuara, menyatakan pemilihan lokasi ibu kota baru di luar Pulau Jawa tidak mudah. Kalla menyatakan Bappenas telah menetapkan sepuluh syarat yang harus dipenuhi agar sebuah lokasi bisa menjadi ibu kota baru Indonesia.

Kalla menyatakan hingga kini pemerintah belum memutuskan lokasi baru ibu kota Indonesia di luar Pulau Jawa. “Belum diputuskan dimananya, karena ada syaratnya lagi, ada 10 syaratnya. Sudah disepakati syaratnya, yang diajukan Bappenas itu. Syaratnya berat memang, memilihnya tidak mudah,” kata Kalla di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Kalla menjelaskan syarat-syarat tersebut antara lain letaknya harus strategis berada di tengah Indonesia, penduduknya harus mempunyai tingkat toleransi baik, memiliki risiko kecil terhadap bencana alam, dan daerah tersebut harus memiliki sedikitnya 60.000 hektare lahan kosong.

“Boleh di Kalimantan, boleh di Sulawesi. Contohnya yang memenuhi di tengah itu Sulawesi, tapi tidak ada lahan kosong yang siap. Ada lagi yang siap, ada bahaya patahan-patahan di situ,” katanya pula.

Jika mengacu kepada syarat geografis bahwa lokasi ibu kota baru berada di tengah Indonesia, Papua hampir pasti aman dari kemungkinan dipilih menjadi lokasi ibu kota baru Indonesia. Daerah yang paling sering disebut sebagai pilihan terbaik ibu kota baru Indonesia adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, Palangkaraya. Palangkaraya telah digadang-gadang menjadi ibu kota baru Indonesia sejak masa berkuasanya Soekarno.

Kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah merinci tiga opsi pemindahan ibu kota Pemerintahan Indonesia. Opsi pertama, ibu kota tetap berada di sekitar Istana Kepresidenan dan Monumen Nasional Jakarta dengan kantor-kantor pemerintahan di kawasan tersebut.

Loading...
;

Opsi kedua, ibu kota pemerintah dipindahkan ke kawasan yang dekat dengan DKI Jakarta, yakni sekitar Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek). Opsi terakhir, ibu kota Pemerintahan Indonesia dipindahkan dari DKI Jakarta ke daerah lain di luar Pulau Jawa.

Kajian pembanding diterbitkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menyatakan pemindahan kantor pemerintahan, pemukiman penduduk dan infrastruktur ibu kota yang baru memerlukan waktu empat hingga lima tahun.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top