Follow our news chanel

Jokowi: Begitu tanahnya ada, hari itu juga kita bangun

Jokowi bertatap muka dengan para pengungsi di GOR Toware sambil menyimak penjelasan dari koordinator posko – Jubi/Jean Bisay
Jokowi: Begitu tanahnya ada, hari itu juga kita bangun 1 i Papua
Jokowi bertatap muka dengan para pengungsi di GOR Toware sambil menyimak penjelasan dari koordinator posko – Jubi/Jean Bisay

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo (Jokowi), menyatakan masyarakat harus segera direlokasi atau dipindahkan dari tempat mereka yang terdampak parah banjir bandang yang menerjang Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu 16 Maret 2019.

Hal ini ditegaskan Jokowi kepada pers, Senin (1/4/2018), usai bertatap muka dengan para pengungsi di posko GOR Toware, Kampung Kwadeware, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua.

“Harus direlokasi karena tempat yang lama memang tempat yang rawan bencana, sebab itu harus dipindahkan,” kata Jokowi.

Relokasinya akan segera ditetapkan oleh Gubernur Papua dan Bupati Jayapura. Kalau lokasinya sudah dapat dan tempatnya sudah dibebaskan serta ditetapkan, barulah pemerintah pusat lewat kementerian terkait akan membangun rumah.

“Setelah lokasinya dibebaskan baru kita akan masuk untuk pembangunan rumahnya. Tapi saya ingin agar secepatnya,” kata mantan Wali Kota Solo itu.

Suami dari Iriana Jokowi ingin ada ketetapan lokasi sehingga masyarakat bisa mendapat kepastian, dimana, dan rumah-rumah itu segera dibangun.

Loading...
;

“Pengungsi ingin segera mendapat kepastian rumahnya dimana. Rumahnya ini sudah habis semua. Lah, kita mau bangun di tempat yang lama tapi tidak memungkinkan. Karena akan terkena bencana lagi, terulang lagi,” ujarnya.

Jokowi mewanti-wanti bahwa relokasi di tempat yang baru harus bisa dipastikan lokasinya aman dari bencana.

“Kalau tanahnya sudah ketemu, sudah dibebaskan oleh gubernur dan bupati, lalu masuk ke pembangunan rumahnya. Pembangunan rumahnya akan kita lakukan cepat,” katanya.

Saat ditanya kapan pembangunan rumah, Jokowi balik bertanya ke gubernur, kapan tanah akan siap.

“Begitu tanahnya ada, hari itu juga kita bangun,” kata Jokowi.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, menambahkan soal tempat relokasi masyarakat korban banjir, sudah dikirim tim bernegosiasi dengan pemilik hak ulayat.

“Jadi kalau sudah dapat tempat, pasti kita akan bebaskan kemudian segera dibangun,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top