Jokowi ke Merauke, Legislator: Temui juga nelayan

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Legislator Papua dari daerah pemilihan Kabupaten Merauke, Asmat, Mappi dan Boven Digul, Kusmanto mengatakan, rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Merauke, pada Jumat (16/11/2018), diharapkan tidak hanya untuk meresmikan Kapsul Waktu dan memantau jalan trans Papua di wilayah Selatan.

Jokowi juga diharapkan dapat bertemu dengan para nelayan setempat, khususnya di Distrik Waan Kabupaten Merauke dan mendengar keluhan mereka untuk dicarikan solusi.

"Kini masyarakat (nelayan Waan) mengeluh dengan ditutupnya perusahaan ikan di Waan beberapa waktu lalu, karena mereka kini kesulitan menjual hasil tangkapannya," kata Kusmato, Rabu (14/11/2018).

Menurutnya, lantaran sulit menjual hasil tangkapannya, akhir para nelayaan di Waan hanya mengambil gelembung dari ikan tertentu untuk dijual dan daging ikan dibuang atau dikubur.

Katanya, di wilayah Selatan Papua, khususnya Merauke hasil ikan melimpah. Namun setelah perusahaan ikan milik asing di Waan ditutup, masyarakat kesulitan menjual ikan tangkapannya. 

"Kami harap Presiden Jokowi paling tidak mendengar keluhan nelayan dan  mencarikan solusi agar hasil tangkapan mereka dijual dengan harga layak," ujarnya.

Loading...
;

Belum lama ini, satu di antara tokoh masyarakat Distrik Waan, Soter Kamiawi mengatakan, potensi yang bisa diandalkan masyarakat di distrik itu adalah tangkapan ikan. Namun mereka sulit menjual hasil tangkapannya dan memiliki tempat penampungan. 

"Kami berharap perhatian Pemkab Merauke untuk menyiapkan kapal khusus yang bisa membeli dan menampung ikan  masyarakat,” kata Soter Kamiawi ketika itu. (*) 

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top