HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Jokowi perintahkan kabinetnya bantu Papua siapkan PON

Presiden Joko Widodo memimpin Rapat Terbatas pembahasan PON XX Papua di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (18/1/2020). – IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi โ€“ Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajarannya serta TNI/Polri ikut membantu Pemerintah Provinsi Papua menyiapkan penyelenggaraan PON XX Papua 2020. Bantuan itu khususnya terkait akomodasi, pengadaan alat dan pembiayaan.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas pembahasan persiapan PON XX Papua yang berlangsung di Kantor Presiden Jakarta, Jumat (17/1/2020).Dalam arahannya, Presiden mengatakan penyelenggaraan PON di Papua bukan sebatas membuat arena kompetisi olahraga, namun memperkuat jalinan persaudaraan, persatuan, dan solidaritas antar daerah.

“[Penyelenggaraan PON XX di Papua sekaligus ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa Tanah Papua melahirkan banyak talenta hebat di bidang olahraga,” kata Jokowi dalam siaran persnya.

Dengan rentang waktu persiapan yang semakin pendek, tinggal 276 hari lagi, Presiden meminta laporan persiapan berbagai bidang penyelenggaraaan, termasuk infrastruktur. Persiapan di bidang infrastruktur itu termasuk perkembangan pembangunan arena PON, maupun pembangunan fasilitas pendukung lainnya. Presiden juga mendengarkan laporan kesiapan penyediaan akomodasi bagi kurang lebih 9.411 atlet dan ofisial yang akan datang ke Papua.

“PON XX Papua akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020. Waktu penyelenggaraan itu sudah sangat dekat, oleh sebab itu rapat terbatas ini melanjutkan dari rapat yang lalu,” ujar Jokowi.

Jokowi juga telah menerima laporan terkait pengurangan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam PON XX Papua. “Saya sudah menerima laporan Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI yang sudah memutuskan pengurangan [cabang olahraga yang dipertandingkan], dari 40 cabang menjadi 37 cabang olahraga dengan 678 nomor pertandingan,” sambungnya.

Loading...
;

Secara terpisah, Pelaksana Tugas Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa mengatakan rapat terbatas itu dihadiri Wakil Gubernur Klemen Tinal. Dalam rapat itu, Tinal telah melaporkan segala persiapan Papua untuk menjadi tuan rumah PON XX Papua.

Baca juga  Tim Mabes Polri kunjungi sejumlah arena PON di Jayapura

Dalam pemaparannya, Tinal menyampaikan tiga pokok permasalahan yang terkait dengan penyelenggaraan PON, yaitu akomodasi, pengadaan peralatan pertandingan, serta pembiayaan.ย “Berkaitan dengan [ketiga] pending issue [itu], Presiden Jokowi ย memerintahkan jajaran kabinet dan TNI/ Polri untuk segera memikirkan cara mengatasinya,” kata Kapisa.

Ia menambahkan, pihaknya masih menunggu risalah lengkap rapat tersebut. Dalam beberapa hari mendatang, Kapisaakan memberikan informasi yang lebih lengkap kepada media.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa