Follow our news chanel

JSL Wamena akan digelar libatkan sejumlah SSB

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Wamena, Jubi – Junior Super League (JSL) Wamena akan digelar sebagai ajang kejuaraan sepak bola usia dini, yang diinisiasi oleh sejumlah pelatih di Sekolah Sepak Bola (SSB) di Jayawijaya.

Jimmy Saputro selaku salah satu penggagas kegiatan mengungkapkan, JSL Wamena ini akan dibuka mulai Sabtu (20/10/2018) di Lapangan HIS Wamena yang melibatkan SSB Papua United, Akademi Pikeyro, SSB Biji Sesawi, SSB Bintang Muda Wamena dan SSB Yahuda Wamena.

“JSL ini untuk kelompok usia 10-12 tahun, dimana usia 10-11 tahun enam tim dan usia 12 tahun empat tim, yang pertandingannya dilakukan setiap akhir pekan,” kata dia kepada Jubi di Wamena, Kamis (18/10/2018).

Menurutnya, JSL ini merupakan inisiatif sejumlah pelatih SSB di Wamena untuk mengadakan suatu liga lokal (bukan turnamen) untuk pembinaan sepak bola usia dini.

“JSL ini terinspirasi dari Small Sided Games (SSG) League Community yang telah digelar di Surabaya, Jawa Timur, dimana dalam beberapa tahun terakhir Jawa Timur dinilai unggul dalam ajang kejuaraan sepak bola usia dini,” ujarnya.

Kata dia, setelah beberapa kali berdiskusi dengan para pelatih SSB di Wamena, semua setuju untuk menjalankan JSL ini meski tanpa dukungan sponsor, sehingga anak-anak yang ada di SSB tidak merasa jenuh hanya latihan dan uji tanding saja.

Loading...
;

“Jadi sama saja dengan uji coba tetapi kita kemas dalam bentuk liga, tanpa ada hadiah dan sponsor murni kami mencoba agar anak-anak di setiap SSB terbiasa dalam kompetisi yang kompetitif dan paling penting juga memberikan edukasi,” katanya.

Penggagas lainya, Marcel Koijmans mengatakan, JSL ini akan digelar hingga November 2018 yang akan digelar setiap akhir pekan sehingga tidak mengganggu keseharian anak didik untuk ke sekolah.

“Kami berjalan hanya kerjasama sama antar SSB, mulai dari lapangan, perlengkapan tanding, wasit dan makan minum semuanya patungan setiap SSB,” ujar Marcel Koijmans.

“JSL ini tanpa seri provinsi dan nasional hanya lokal, agar jam terbang pemain dan pelatih lokal bertambah, bukan soal siapa juaranya tetapi tujuan utama bagaimana anak-anak bisa jadi perhatian di lokal melalui kompetisi ini,” katanya lagi. (*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top