Follow our news chanel

Jualan roti balok untuk penuhi kebutuhan keluarga

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Dewi, perempuan asal Buton sudah sekitar enam tahun menekuni usaha jualan roti balok di pasar Pharaa Sentani Kabupaten Jayapura.

Dengan modal meja ukuran 1x2m berbentuk L, ia mengatur jualannya mulai dari roti balok yang belum diisi selai dan potongan roti yang siap diberi selai, serta minuman panas seperti kopi hitam, susu putih, teh, dan kopi susu.

"Saya sudah jualan di sini, dari pasar ini belum bongkar sampai saat ini masih tetap berjualan di pasar ini," ucapnya, saat ditemui Jubi, Senin (21/1/2019).

Katanya, usaha yang ia tekuni ini karena kios yang ia bersama suaminya ambil itu terlalu kecil.

"Karena tempat kecil jadi saya biarkan suami jualan di kios dan saya jualan di luar kios dengan usaha seperti ini," kata Dewi.

Satu roti balok ia beri tarif Rp 10 ribu dan yang dipotong, satu potong Rp 2 ribu. Dalam sehari, Dewi bisa menjual 20 roti balok utuh.

Loading...
;

"Kalau mau bilang pendapatan tidak menentu karena uang masuk itu langsung keluar untuk beli bahan dan kebutuhan rumah serta anak," jelasnya.

"Kalau uang saya simpan-simpan itu paling saya bisa tahu berapa yang saya dapatkan dalam sehari dan sebulan itu berapa, tapi dari hasil jualan ini beli tepung, telur, belum mentega lagi yang mahal dan butuh banyak," katanya.

Apalagi dengan kondisi penjualan di pasar agak menurun, khususnya penjual roti balok yang sudah banyak, membuat pendapatannya berkurang.

"Saya bersyukur karena namanya rezeki itu dari Tuhan, paling orang borong itu ketika ada ibadah, bisa beli 5-7 potong roti," katanya.

Sonny, salah seorang penjual koran, mengatakan sebelum atau setelah berjualan koran, ia biasa menganjal perutnya dengan satu atau dua potong roti balok.

"Saya kalau habis jualan itu ingin makan dan minum kopi, baru duduk, kalau tidak saya pulang," jelasnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top