Follow our news chanel

Jumlah mahasiswa kedokteran asal Pasifik meningkat

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Otago, Jubi – Apakah ada dokter asal Pasifika di sini? Jawabannya adalah ‘ya’, semakin banyak mahasiswa dan mahasiswi keturunan Māori dan suku lainnya di Kepulauan Pasifik, yang mendalami bidang medis.

Data dari Universitas Otago yang baru tentang keanekaragaman siswa perguruan tinggi, yang terdaftar dalam program studi kesehatan menunjukkan bahwa, antara 2010 dan 2016, siswa dengan latar belakang Māori meningkat dari 138 menjadi 309 siswa – peningkatan sebesar 124 persen.

Dalam periode yang sama, jumlah siswa asal Pasifika yang lainnya meningkat, dari 57 menjadi 126 siswa, sebanyak 121 persen.

Profesor Peter Crampton, dari Fakultas Ilmu Kesehatan Otago, menjelaskan laporan itu, “Pada tahun 2012, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Otago menerapkan mekanisme kebijakan yang baru, untuk memastikan bahwa semua program studi profesional bidang kesehatan menghasilkan lulusan yang sesuai kebutuhan masyarakat,” menurut laporan itu.

“Menyadari bahwa kebutuhan masyarakat itu beragam, kebijakan Mirror on Society lalu dikembangkan, untuk memastikan bahwa pendaftaran siswa juga disesuaikan, sehingga lebih mencerminkan realitas etnis dan sosial ekonomi dari masyarakat yang akan terus mereka layani.”

Di antara para mahasiswa itu adalah Fuakava Tanginoa, seorang mahasiswa kedokteran tahun ketiga yang berharap bisa menjadi seorang ahli jantung.

Loading...
;

Berasal dari keluarga Tonga, dia adalah satu dari delapan anak dari orangtua migran. Dia mengatakan tujuan utamanya adalah membantu masyarakat – khususnya, mereka yang lebih memilih untuk dilayani seorang dokter Pasifika.

Tanginoa juga menambahkan bahwa dia merasa lebih terinspirasi melihat banyak siswa Pasifika di ruang kelas bersamanya. (PINA)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top