Follow our news chanel

Previous
Next

Jurnalis hilang bakal renggangkan hubungan AS-Saudi

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jakarta, Jubi -Senator Partai Republik Amerika Serikat (AS), Lindsey Graham, memperingatkan kemungkinan kehancuran aliansi AS dengan Arab Saudi jika tuduhan pembunuhan terhadap wartawan Arab Saudi benar dilakukan oleh kerajaan itu. Graham mengatakan Riyadh harus memberikan jawaban yang jujur mengenai Arab Saudi membunuh seorang kontributor Washington Post, Jamal Khashoggi.

"Kami setuju jika ada kebenaran atas tuduhan bahwa pemerintah Saudi melakukan kesalahan. Hal itu akan menghancurkan hubungan AS- Arab Saudi dan akan ada hal besar yang harus dibayar secara ekonomi dan sebaliknya," tulis Graham, dalam cuitan twitternya.

Graham menyebutkan nilai-nilai negara Amerikan harus menjadi landasan kebijakan luar negeri dengan musuh dan sekutunya.

Ketua Komite Hubungan Luar Negeri di Senat AS, Bob Corker, juga memperingatkan pihaknya akan melawan pemerintah manapun yang menyerang wartawan di luar negara mereka.

"Saya telah menekankan kasus hilangnya Jamal secara pribadi dengan Duta Besar Saudi, dan sementara kami menunggu lebih banyak informasi, kami akan segera menanggapi negara manapun yang menargetkan wartawan di luar negeri," tulis Corker.

Sementara Presiden Donald Trump memberikan perhatian atas hilangnya wartawan kontributor Washington Post di konsulat negaranya sendiri, Arab Saudi, di Turki.

Loading...
;

"Saat ini tak ada yang tahu pasti mengenai hal itu. Semoga hal ini akan segera terbongkar," komentar Trump kepada wartawan di Gedung Putih.

Tuntutan agar Arab Saudi mengungkapkan terang-terangan soal nasib Khashoggi kepada publik juga muncul dari Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo.

Senator Graham memiliki hubungan dekat dengan Trump terutama pada kebijakan pertahanan. Ia mendukung langkah Trump yang mendekatkan hubungan dengan Arab Saudi dan negara Timur Tengah lain untuk mencegah meluasnya pengaruh Iran.

Khasoggi telah menjadi warga negara AS dalam setahun terakhir. Ia seringkali melakukan kritik tajam terhadap putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top