Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Jutaan batang rokok tak bercukai dimusnahkan

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Padang, Jubi – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat, memusnahkan 6.006.288 batang rokok ilegal. Rokok itu hasil penindakan dalam periode Oktober 2017 hingga Juli 2018.

"Barang yang dimusnahkan adalah hasil tembakau berupa rokok yang melanggar ketentuan di bidang cukai,” kata Kepala Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Teluk Bayur, Hilman Satria, Kamis, (1/11/2018).

Jutaan batang rokok tak bercukai dimusnahkan 1 i Papua

Pemusnahan rokok setelah mendapat persetujuan dari Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang. Sedangkan rokok dari berbagai merek itu sebelumnya tidak dilengkapi bukti pembayaran pajak atau tak dilekati pita cukai.

“Walau pun ada yang dilekati pita cukai tapi bekas, dan dilekati pita cukai palsu,” kata Hilman menambahkan.

Nilai rokok yang dimusnahkan ditaksir mencapai Rp 4,2 miliar,  sedangkan potensi kerugian negara yang ditimbulkan dari pelanggaran mencapai Rp 2,2 miliar. Kerugian negara dihitung dari potensi cukai yang harusnya dibayar dan diterima sebagai pendapatan negara.

Dari kasus yang ditangani diketahui sumber rokok ilegal itu berasal dari Jawa, dan satu merek dari luar negeri.

Loading...
;

"Sebahagian besar rokok itu dibawa ke Sumbar menggunakan jalur darat, modus pengangkutaannya dicampur dengan produk lain," katanya.

Sementara untuk penindakan pidana pada periode Oktober 2017 hingga Juli 2017, Bea Cukai menjerat satu tersangka berinisial FR sebagai distributor. Tersangka itu sudah divonis oleh pengadilan dengan hukuman penjara selama satu tahun, dan denda Rp 429.922.110.

 

Dalam fungsi pencegahan Bea Cukai akan terus menggencarkan sosialisasi anti rokok illegal kepada pedagang, agar mengetahui ciri-ciri rokok illegal, ancaman sangsi bagi pelanggar, dan lainnya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top