HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

K3S Distrik Jayapura Selatan selenggarakan penyusunan soal TO dan PAT

Foto bersama para kepala sekolah dasar (SD) dalam kegiatan workshop penyusunan soal Try Out dan Penilaian Akhir Sekolah (PAT) Semester 2 2020. - Jubi/Ramah
K3S Distrik Jayapura Selatan selenggarakan penyusunan soal TO dan PAT 1 i Papua
Foto bersama para kepala sekolah dasar (SD) dalam kegiatan workshop penyusunan soal Try Out dan Penilaian Akhir Sekolah (PAT) Semester 2 2020. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 5, 6, dan 7 Distrik Jayapura Selatan, menyelenggarakan penyusunan soal Try Out (TO) dan soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Semester 2 2020 di Gedung BP YPK GKI di Tanah Papua.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari 18 hingga 19 Februari ini, diikuti sebanyak 72 perserta, di antaranya kepala sekolah SD/MI se-Distrik Jayapura Selatan sebanyak 24 orang, guru berpengalaman, prestasi kerja, dan memiliki komitmen tinggi terhadap kemajuan pendidikan sebanyak 46 orang, dan pengawas sekolah dua orang.

K3S Distrik Jayapura Selatan selenggarakan penyusunan soal TO dan PAT 2 i Papua

Ketua K3S Distrik Jayapura Selatan, Ni Ketut Kabeningsih, mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah meningkatkan pemahaman guru tentang karakteristik soal TO dan PAT tahun pelajaran 2019/2020.

“Workshop ini merupakan program kerja K3S Distrik Jayapura Selatan sesuai Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan penilaian hasil belaja, untuk pencapaian kompetensi kelulusan secara nasional,” ujar Ni Ketut.

Melalui kegiatan tersebut, dikatakan Ni Ketut, akan memantapkan kemampuan guru dan keterampilan guru dalam merumuskan indikator soal (penilaian), dalam menyusun soal TO dan PAT, menelaah butir soal secara kualitatif menggunakan kartu telaah soal (kisi-kisi soal), perakitan naskah, dan mengaktifkan kembali KKG di wilayah Distrik Jayapura Selatan.

“Hasil yang diharapkan adalah pemetaan soal TO dan PAT, kisi-kisi soal, rumusan atau naskah butir soal dan lembar jawaban, kunci jawaban dan penskoran sesuai KD yang ada,” ujar Ni Ketut.

Workshop penyusunan soal TO dan PAT Semester 2 2020 menghadirkan narasumber, yaitu Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura dan Pengawas Pembina di wilayah Distrik Jayapura Selatan.

Pada kesempatan ini, Ni Ketut memotivasi peserta yang dibagi enam kelompok ini agar semangat dalam membimbing siswa-siswi untuk siap menghadapi USBN 2019/2020, sehingga peserta didik lulus 100 persen dengan nilai terbaik.

“Materi yang disampaikan, yaitu meteri umum kebijakan, dan materi pokok, yaitu karakteristik kisi-kisi soal, teknik penulisan indikator, penyusunan kisi-kisi soal, kaidah penulisan soal, dan penulisan butir soal,” jelas Ni Ketut.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Ellen Montolalu, menyampaikan apresiasi kepada K3S dan KKG Gugus 5,6, dan 7 yang sudah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Harapan saya guru-guru dapat menyusun soal TO sesuai dengan kisi-kisi yang sudah kami susun, sehingga saat pelaksanaan sudah tersedia naskah soalnya. Guru kelas 1 sampai 6 dalam menyusun PAT tetap mengacu pada hasil penilaian,” jelas Ellen. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top