Follow our news chanel

Kabid SMK akan jajaki kerja sama vokasi dengan Uncen

Kabid SMK akan jajaki kerja sama vokasi dengan Uncen 1 i Papua
Kabid SMK Yulianus Kowaiyo ketidak berbincang-bincang dengan salah seorang dosen di Uncen, Rabu, 12/2/2020 -Jubi/Hengky Yeimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Bidang Sekolah Menegah Kejuruan (Kabid SMK) Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Papua Yulianus Kuaiyo mengatakan, pihaknya berencana menjajaki kerjasama dengan pihak kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) untuk lebih ke vokasi atau pembinaan siswa siswi sesuai dengan kejuruan yang mereka tempuh.

“Kami akan jajaki kerjasama dengan Uncen terkait vokasi kewirausahaan. Akan dititik beratkan pada orang asli Papua (OAP) agar siswa siswi mamapu menekuni jurusan dan bisa mendapatkan penghasilan,” katanya kepada wartawan, usai melakukan pertemuan bersama dengan pihak Uncen di Aula Rektorat Universitas Cenderawasih, Rabu (12/2/2020).

Kuwaiyo mengatakan, vokasi itu lebih pada ketrampilan bagi siswa-siswi berusaha untuk menghidupi diri, menabung dan membantu teman teman lain agar jiwa kewirausahaannya bertumbuh.“Sasaran vokasi yakni ke lima wilayah adat , sesuai dengan potensi di wilayah adatnya,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Christian Sohilait mengatakan, ada banyak persoalan pada dunia pendidikan di Papua . Oleh sebab itu tujuan bertemu pimpinan Uncen untuk melakukan pemetaan masalah, hingga merumuskan dalam membuat regulasi khusus pendidikan.

“Kami meminta kepada Uncen juga untuk melihat persoalan ini. Sebab ada FKIP yang meluluskan banyak tamatan Uncen. Namun persoalannya ini guru kontrak. Kenapa kita tidak manfaatkan FKIP untuk mengajar langsung ke kampung-kampung,” katanya.

“Kenapa kita tidak memberikan kesempatan kepada kampus uncen untuk mengatasi problem yang ada, sebab mereka yang menyaksikan langsung, potret pendidikan di Tanah Papua,” katanya.(*)

Loading...
;

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top