Kabinet dirombak, Vanuatu sambut tiga menteri baru

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Perdana Menteri Vanuatu, Charlot Salwai, telah menunjuk tiga menteri negara baru; dua untuk menggantikan mantan Menteri Infrastruktur dan Sarana Prasarana Umum, Jotham Napat, dan mantan Menteri Pertanian, Matai Seremaiah, serta satu menteri untuk untuk memimpin Kementerian Kehakiman, menyusul perombakan kabinet.

Anggota parlemen (MP) Torres Christophe Emelee sekarang resmi menjadi Menteri Infrastruktur dan Sarana Prasarana Umum yang baru, Menteri Pertanian, Kehutanan, Peternakan, Perikanan, dan Keanekaragaman Hayati yang baru adalah MP dari daerah pinggiran di Santo, Hosea Nevu, menggantikan mantan Menteri Matai Seremaiah.

Perdana Menteri Salwai juga menunjuk MP dari Malekula, Don Ken, untuk mengambil alih portofolio Menteri Kehakiman karena mantan Menteri sebelumnya, juga MP dari pinggiran Santo, Ronald Warsal, mengundurkan diri, meninggalkan jabatan ini kosong dan siap untuk ditempati penggantinya. Perombakan ini dilakukan menyusul pengaturan baru antara partai VP dan pemerintah koalisi. Menurut PM Salwai, pengaturan ini dibentuk untuk memastikan pemerintah saat bisa tetap bertahan solid sampai akhir masa tugasnya.

PM Salwai sendiri telah mengambil alih portofolio Kementerian Maritim, Registrasi Perkapalan, dan Pelabuhan Laut, seraya menerangkan bahwa ia akan segera menunjuk Sekretaris Kementerian, untuk bertanggung jawab atas lembaga-lembaga dibawah yurisdiksi Maritim, Registrasi Perkapalan, dan Pelabuhan Laut.

Selama pelantikan tiga menteri negara yang baru itu, PM Salwai meyakinkan seluruh negara bahwa pemerintah yang dipimpinnya, masih memiliki dukungan dari 35 MP di dalam parlemen nasional, dan akan tetap berkuasa hingga akhir masa jabatannya pada 2020.

Memberikan pendapatnya kepada The Daily Post melalui wawancara singkat setelah itu, seorang Penasihat Politik dari Kantor Perdana Menteri menjawab: “Dalam dunia politik, Anda tidak harus memberikan alasan, untuk menunjuk dan mencopot menteri-menteri negara dan orang-orang dalam dunia politik lainnya yang juga ditunjuk,” katanya.

Loading...
;

Upacara pelantikan itu berlangsung di Kantor Perdana Menteri pada Sabtu malam lalu (10/11/2018). (Daily Post Vanuatu)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top