Follow our news chanel

Previous
Next

Kabinet Presiden Bougainville yang baru termasuk dua perempuan

Kabinet Presiden Bougainville Ishmael Toroama terdiri dari 14 Anggota Parlemen. - Loop PNG/ ABG Media

Papua No.1 News Portal | Jubi

Buka, Jubi – Presiden Bougainville Ishmael Toroama telah menunjuk dua perempuan untuk menjadi bagian dalam kabinetnya yang terdiri dari 14 orang dari 39 Anggota Parlemen yang baru terpilih.

Presiden Ishmael Toroama juga memegang portofolio Menteri Antar-pemerintah. Patrick Nisira, MP dari Dapil Halia merupakan Wakil Presiden dan Menteri Pembangunan Ekonomi.

Kementerian Keuangan dan Perbendaharaan dipegang oleh Mathias Salas, MP dari Nasioi, Ezekiel Massat (MP dari Tonsu) sebagai Menteri Kehakiman, Jaksa Agung, dan Dialog dan Konsultasi Pasca-Referendum. Thomas Tarii (MP Veteran Bougainville Selatan) sebagai Menteri Kepolisian dan Layanan Pemasyarakatan, Rodney Osioko memimpin Kementerian Sumber Daya Mineral dan Energi, Dr. Joseph Kim Swuamaru sebagai Menteri Layanan Teknis, Raymond Masono (MP dari Atol-atol) adalah Menteri Kesehatan yang baru, sementara Thomas Pataaku sebagai Menteri Pemerintahan Masyarakat dan Thompson Gitovea sebagai Menteri Pemberdayaan Masyarakat.

Melvin Igiras Wilolopa (MP dari Lato) ditunjuk untuk menjadi Menteri Pelayanan Publik dan Robert Hamal Sawa dari Hagogohe sebagai Menteri Pertanahan, Perencanaan Fisik, Lingkungan Hidup dan Konservasi.

Dua menteri perempuan yang baru, Theonila Roka Matbob (MP dari Ioro) adalah Menteri Pendidikan yang baru dan Yolande Geraldine Paul (MP Perempuan dari Central Bougainville) sebagai Menteri Industri Primer dan Sumber Daya Kelautan.

“Saya telah menunjuk dua MP perempuan ke kabinet saya untuk memastikan ada pengakuan atas peran dinamis yang dimainkan oleh perempuan dalam masyarakat Bougainville. Saya yakin bahwa kedua pemimpin perempuan ini akan menjalankan pekerjaan baru mereka dengan luar biasa sebagai menteri-menteri penting dalam pemerintahan ini.”

Loading...
;

Presiden Toroama berkata dia akan melakukan peninjauan kinerja semua menteri kabinetnya setelah 18 bulan menjabat. (Pemerintah ABG/PACNEWS)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top